Penerapan Model Pembelajaran Langsung Mahasiswa Jurusan Akuntansi (Sebuah Tinjauan Teori)

Kanzunnudin, Mohammad dan N, Denyca H (2009) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Mahasiswa Jurusan Akuntansi (Sebuah Tinjauan Teori). Analisis Manajemen, 4 (1). pp. 1-10. ISSN 1411-1799

[img] PDF (Artikel) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (130Kb) | Request a copy

    Abstrak

    ABSTRACT: In learning and direct student learning and students are free to express his opinion can also be expressed criticism and suggestion freely but within the rules. Students direct the learning process helps students to learn to criticize the phenomenon / event activities in the field of accounting knowledge and learn to take the experience in the field. Constraints in direct learning: time, cost, and competence of teachers, and lack of close communication between the fabrics of the college, family and private institutions or government agencies in the bureaucracy in terms of sending students practice cooperation. Recommended for lecturer who support this subject such as math, language premises can try using the direct method of learning by observing certain modification appropriate nature, characteristics of scientific, especially teachers who have difficulty in increasing student enthusiasm in learning, for learning to educate students in order always active and critical to the process of learning to be conducive, especially when the practice field and significant direct line with the learning objectives and for the college, parents, government agencies and communities to provide support, both material and moral support to their children in learning activities, especially when learning to do outside the campus (model practices in the field). ABSTRAK: Dalam belajar dan proses pembelajaran langsung mahasiswa bebas mengungkapkan pendapatnya dan mahasiswa juga dapat menyampaikan kritik dan saranya dengan bebas namun sesuai aturan. Proses pembelajaran langsung mahasiswa sangat membantu mahasiswa untuk belajar mengkritisi fenomena/peristiwa kegiatan dibidang ilmu akuntansi dan belajar mengambil pengalaman di lapangan. Hambatan-hambatan dalam pembelajaran langsung yaitu waktu, biaya, dan kompetensi dosen, serta kurang adanya jalinan komunikasi yang erat antara pihak kampus, keluarga dan instansi swasta ataupun instansi pemerintah di birokrat dalam hal kerjasama pengiriman mahasiswa praktek. disarankan bagi dosen yang mengampu mata pelajaran lain selain mata pelajaran akuntansi misalnya matematika, bahasa Indoensia dapat mencoba menggunakan metode pembelajaran langsung dengan memperhatikan mofisikasi tertentu sesuai sifat, karakteristik keilmuannya, terutama dosen yang kesulitan dalam meningkatkan antusiasme mahasiswa dalam belajar, bagi mahasiswa dalam belajar mengajara supaya senantiasa aktif dan kritis agar proses belajar menjadi kondusif terutama saat praktek dilapangan dan bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran langsung dan bagi pihak kampus, orang tua, instansi pemerintah dan masyarakat untuk memberikan dukungan baik secara materiil dan moril kepada anaknya dalam kegiatan belajar mengajar terutama jika pembelajaran dilakukan diluar kampus (model praktek di lapangan).

    Tipe dokumen: Artikel
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Langsung
    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan sarjana
    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 29 Mar 2012 08:13
    Last Modified: 06 Dec 2012 10:45
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/221

    Actions (login required)

    View Item