UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH SMK TAMANSISWA KUDUS KELAS X PBS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Farid, Miftah (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH SMK TAMANSISWA KUDUS KELAS X PBS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (694Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (60Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (144Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (139Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (348Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (42Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (27Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (39Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (639Kb)

                    Abstrak

                    Miftah Farid. 2013. Upaya Meningkatkan Minat Siswa dalam Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Taman Siswa Kudus Kelas X PBS Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. H. Sucipto, M.Pd, Kons, (ii) Drs. Masturi, MM. Kata-kata kunci: bimbingan kelompok, minat, ekstrakurikuler pramuka Berdasarkan wawancara yang dilakukan penulis terhadap pembina ekstrakurikuler pramuka di SMK Tamansiswa Kudus diperoleh bahwa minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka masih rendah. Gejala renadhnya minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka ditunjukkan dengan tingkat kehadiran siswa yang masih banyak siswa yang tidak berangkat, siswa yang tidak serius dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, siswa tidak melaksanakan tugas dengan baik selama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Permasalahan yang diteliti : “Bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok untuk dapat meningkatkan minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah Taman Siswa Kudus Kelas X PBS Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Tahun Pelajaran 2012/2013?” Tujuan penelitian adalah untuk untuk meningkatkan minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka melalui layanan bimbingan kelompok di sekolah Taman Siswa Kudus Kelas X PBS Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Adapun kegunaan penelitian adalah: 1. Menciptakan iklim yang kondusif di sekolah yang mencakup kedisiplinan, pembinaan hubungan peserta didik dan pendidik, serta interaksi dalam pembelajaran, 2. Meningkatkan kinerja guru terutama guru ekstrakurikuler, 3. Meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah dan dalam mengikuti eksrtakurikuler, 4. Mendorong konselor untuk memberikan layanan bimbingan kelompok bagi siswa yang memiliki minat rendah dalam kegiatan skestrakurikuler. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori minat kegiatan ekstrakurikuler dan teori tentang layanan bimbingan kelompok. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pada penelitian ini minat lebih dikhususkan pada minat kegiatan kesejtrakurikuler pramuka yaitu ketertarikan pada kegiatan pramuka yang diselenggarakan smeinggu sekali di sekolah selama 1 minggu sekali. Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan pemberian layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh seorang peneliti secara kelompok, maka diharapkan para peserta bimbingan kelompok mendapatkan suatu pemahaman baru. Proses pelaksanaan terdiri dari empat tahap yaitu tahap pembentukan yang berisi perkenalan penyampaian tujuan, azas-azas serta dengan permainan sebagai pengakraban, tahap peralihan yang berisi pemantapan dari para aanggota kelompok, tahap kegiatan yang berisi tentang pembahasan masalah atau topik yang terjadi dalam kelompok, dan tahap pengakhiran yang berisi penyampaiaan hasil konseling kelompok serta tanggapan dan saran dari para anggota kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah “Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Minat Siswa dalam Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Taman Siswa Kudus Kelas X PBS Tahun Pelajaran 2012/ 2013”. Variabel penelitian: variabel X (layanan bimbingan kelompok) danVariabel Y (minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka). Subjek penelitian sebanyak 8 orang siswa yang memiliki minat rendah dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pelaksanaan layanan dilaksanakan 6 kali pertemuan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini diperoleh pada kondisi awal dari 8 siswa yang menjadi anggota bimbingan kelompok, sebanyak 5 siswa yang memiliki minat kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kategori kurang dan 3 orang siswa memiliki minat kegiatan ekstrakurikuler pramuka kategori kurang sebanyak 5 orang. Pada siklus I memperoleh hasil kategori baik sebanyak 3 siswa, sedangkan siswa yang memperoleh skor dengan kategori cukup sebanyak 5 siswa. Pada siklus II siswa yang memiliki minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka dengan kategori baik sebanyak 7 siswa, dan yang dalam kategori sangat baik sebanyak 1 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi Siswa: Dengan adanya bimbingan kelompok diharapkan siswa dapat meningkatkan minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka; (2) Bagi Guru Pembimbing: Guru BK diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan ekstrakurikuler pramuka dengan berupaya meningkatkan minat siswa dalam ekstrakurikuler pramuka; (3) Bagi Orang Tua Siswa: Para orang tua diharapkan dapat ikut berperan dengan memberikan motivasi terhadap anak agar anak dapat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka sehingga akan meningkatkan minat anak; (4) Bagi Kepala Sekolah: Kepala Sekolah diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di SMK Tamansiswa Kudus.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Sucipto, M.Pd. Kons
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 26 Feb 2014 10:53
                    Last Modified: 26 Feb 2014 10:53
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2211

                    Actions (login required)

                    View Item