UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI RENDAH MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII-A SMP 2 BAE KUDUSTAHUN PELAJARAN 2012/2013

Dewi, Fhiphit Lusiana (2013) UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI RENDAH MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII-A SMP 2 BAE KUDUSTAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (690kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
Bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Dewi, FhiphitLusiana. 200931063.“UpayaMeningkatkan Konsep Diri Rendah Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII-A SMP 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013” Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Sunardi Dosen Pembimbing II Dra. Hj. Sutarti, SE, MM. Kata Kunci: Konsep Diri, Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa ada beberapa siswa kelas VIII di SMP 2 Bae Kudusyang konsep dirinya rendah. Oleh karena itu diperlukan bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri rendah siswa.Rumusan masalahyang akan diteliti adalah : Bagaimanameningkatkankonsepdirirendahmelaluibimbingankelompokpadasiswakelas VIII-A SMP 2 Bae KudusTahunPelajaran 2012/2013? Tujuanpenelitianiniadalah: 1. Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan konsep diri siswa rendah sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompokTahun Pelajaran 2012/2013, 2. Untukdiperolehpeningkatankonsepdiripositifpadasiswa kelas VIII A SMP 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: dari hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling, menambah khasanah pustaka pendidikan serta sebagai sumber informasi atau masukan untuk penelitian sejenisnya, 2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi Kepala sekolah, dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di sekolah, 2) Bagi Guru BK (Konselor), digunakan oleh konselor sebagai panduan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dalam meningkatkan konsep diri rendah siswa, 3) Bagi peneliti,Sebagai pendorong semangat peneliti dan bahan masukan untuk membantu memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan kepibadian siswa, khususnya dalam menumbuhkan konsep diri yang matang pada siswa.4) Bagi siswa, Dapatdipergunakansebagaibahanpertimbanganuntukmendorongsiswa agar bisamengembangkankonsepdirikearahpositifsesuaidengantingkatperkembanganjiwanya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, sebanyak 8 siswa yang konsep dirinya dalam kategori rendah berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Variabel penelitian: bimbingan kelompok (Variabel Bebas) dan konsep diri (variabel terikat). Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok dan metode wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum tindakan bimbingan kelompok kedisiplinan belajar siswa memperoleh skor rata-rata 33% (rendah). Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I, skor rata-rata kedisiplinan belajar 52,5% (cukup), ada peningkatan 19,5%. Pada siklus II skor rata-rata kedisiplinan belajar 67,2% (Baik), ada peningkatan sebesar 14,7% dari siklus I. Hal demikian menunjukkan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsep diri rendah pada siswa kelas VIII-A SMP 2 Bae Kudus. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah: diharapkan dapat memberikanpembinaandankebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di SMP 2 Bae Kudus Kudus, 2. Guru BK: diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan konsep diri dan dapat membantu dalam meningkatkan konsep diri rendah siswa, 3. Bagi siswa: denganadanyabimbingankelompokdiharapkansiswadapatmeningkatkankonsepdirinya yang rendah, 4. PenelitiSelanjutnya: penelitimenyadarimasihadakekuranganpadabeberapabagian yang digunakanuntukmembantu proses bimbingankelompok,Untukitudiharapkanbagiparapeneliti yang berkenanmelanjutkanpengembanganpemberiantindakandalamupayameningkatkankonsepdirisiswa agar lebihselektifdanlebihsempurnauntukdiberikanpadasiswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sunardi
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2014 04:11
Last Modified: 26 Feb 2014 04:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item