Muna , Lailal (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK DI MASA PUBERTAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X PEMASARAN 2 SMK NEGERI 1KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.
Preview |
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (441kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (20kB) |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (18kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstrak
MunaLailal, 2013 “UpayaMeningkatkanPercayaDiridalamMenghadapiPerubahanFisik di MasaPubertasMelaluiLayananBimbinganKelompokSiswaKelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus TahunPelajaran 2012/2013”.Skripsi program StudiBimbingandanKonseling di UniversitasMuria Kudus, DosenPembimbing (1) Drs. Sucipto, M.Pd. Kons., DosenPembimbing (2) Drs. Masturi, M. M Kata Kunci: PercayaDiri; BimbinganKelompok. Penelitianinidilatarbelakangimasihadasebagiansiswakelas X Pemasaran 2 SMK N 1 Kudus yang mengalamirendahnyapercayadiriakanfisik di masapubertas.Halinidiperolehdarihasilwawancaradengankolaboratorpadatanggal 7 Maret 2013, bahwadikelas X Pemasaran 2 SMK N 1 Kudus terdapatsiswa yang mengalamirendahnyapercayadiri. Permasalahan yang akanditeliti: Bagaimanakahmenerapkanlayananbimbingankelompokuntukmeningkatkan rasa percayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertaspadasiswakelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus TahunPelajaran 2012/2013”?.Tujuan penelitianiniadalah: untukmendeskripsikandanmeningkatkanpercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasmelaluilayananbimbingankelompokpadasiswakelas X PM 2 SMK N 1 KudusTahunPelajaran 2012/2013. Kegunaanpenelitianiniadalah: 1. KegunaanTeoritik: KegunaanTeoritisPenelitianiniakanmemberikansumbanganpemikiranbagiperkembanganilmupengetahuan, khususnyabimbingandankonselingtentangpenerapanlayananbimbingankelompokmelaluiteknikdiskusikelompok, rasa percayadirisiswadalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasdapat meningkat.2. KegunaanPraktis: 1) Diharapkandapatmembantusiswamenemukansolusirendahnyapercayadiridandapatmembantusiswameningkatkanpotensidirinyadenganmemanfaatkandinamikakelompokdalamlayananbimbingankelompok. 2) Memberialternatifdalammengarahkansiswauntukdapatmengarahkansiswauntukdapatmeningktakan rasa percayadirisiswadalammenghadapiperubahanfisik di masapubertas. KajianTeoridaripenilitianiniadalahpengertianpercayadiri, pengertianpubertas, perubahanfisik di masapubertas, jenis-jenispercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertas, factor-faktor yang mempengaruhipercayadiri, pengertianbimbingankelompok, tujuanbimbingankelompok, manfaatlayananbimbingankelompok, fungsilayananbimbingankelompok, cirri-ciribimbingankelompokmateribimbingankelompoktahap-tahapbimbingankelompok, danupayadalammeningkatkan rasa percayadirimelaluilayananbimbingankelompok. Dari kajianpustakatersebutmakahipotesisdalampenelitianinidirumuskansebagaiberikut: melaluilayananbimbingankelompokdapatmeningkatkanrasapercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertaspadasiswakelas X pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahunpelajaran 2012/2013.”. Metodepenelitian:penelitianinimenggunakandesain PTBK yang bersifatrefleksidenganduasiklus. Tiapsiklusdilaksanakantiga kali kegiatansesuaidenganindikatorperubahantingkahlaku yang hendakdicapai.Hasiltiapsiklusdipergunakanuntukmerefleksilangkah yang harusdilakukanberikutnya.Adapunalat dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Dalampenelitianiniterdiridariduavariabelyaitu:variabelbebas;layananbimbingankelompok (X) danvariabelterikat;percayadiri (Y). Hasilpenelitianiniberdasarkanhasilobservasisebelumtindakanbimbingankelompokperilakusiswa yang sesuaidenganindikatormasukdalamkategorisangatkurangdenganskore rata-rata 7, 5.Setelah diberilayananbimbingankelompokpadasikus I, perilakubaiksiswameningkatmenjadikategoricukupdenganskore rata-rata 14, 5.Sedangkan padasiklus II perilakubaiksiswaterusmeningkatmenjadikategorisangatbaikdenganperolehanskore rata-rata 22, 7. Hal inimenunjukkanlayananbimbingankelompokdapatmeningkatkanpercayadirisiswakelas X PM 2 SMK N 1 Kudus Tahunperlajaran 2012/2013. Hasilpembahasanpenelitiantindakanbimbingandankonseling (PTBK)menunjukkanbahwapercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasdapatditingkatkanmelaluilayananbimbingankelompok (BKp). Hasilpenelitianinidikatakanberhasilkarenamemenuhihipotesispeneliti yang berbunyi “Layananbimbingankelompokdapatmeningkatkan rasa percayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertaspadasiswakelas X Pemasaran 2 SMK N 1 Kudus TahunPelajaran 2012/2013”, diterimakarenatelahterujikebenarannya. Berdasarkanpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapercayadirisiswasetelahmemperolehlayananbimbingankelompokterjadipeningkatan, ditandaitingkahlakupercayadirisiswadalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasdapatmeningkat, padakondisiawalsebelumdiberikanlayananbimbingankelompokada 8 siswa yang percayadirinyarendahdanperludiberikantindakan. Sebelumdiberikanbimbingankelompokpadakondisiprasikluspercayadirinyadalamkategorisangatkurangdengan rata-rata 7, 5 Sesudahmendapatkanlayananbimbingankelompokpadasiklus I meningkatdalamkategoricukupdengan rata-rata 14, sedangkanpadasiklus II mengalamipeningkatandengan rata-rata 22, 7 dengankategorisangatbaikDengandemikianhipotesis yang diajukandapatditerimakarenatelahterujikebenarannya.Penelitimemberikan saran kepada: 1. Kepalasekolahhendaknyamemilih guru pembimbing yang benar-benar guru lulusan BK bukan guru matapelajarandijadikan guru BK. 2. Konselordapatmemprogramkanlayananbimbingankelompokuntukmembentukperilakupositifsiswa. 3. Siswaaktifmemanfaatkanlayananbimbingankelompokuntukmembantumemecahkanpersoalan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing:Drs.Sucipto,M.Pd,Kons |
Kata Kunci: | bimbingan dan konseling |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Mar 2014 03:25 |
Last Modified: | 27 Mar 2014 03:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2214 |
Actions (login required)
View Item |