UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS X-1 MA MIFTAHUT THULLAB SUKOLILO PATI TAHUN 2012/2013

Fauzi, M.kholid (2013) UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS X-1 MA MIFTAHUT THULLAB SUKOLILO PATI TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Sampul) - Accepted Version
Download (495Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (190Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (209Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (433Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (526Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (278Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (91Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftara Pustaka) - Accepted Version
                Download (158Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (839Kb)

                    Abstrak

                    Manusia sebagai makhluk individu dan sosial dalam bersikap dan berprilaku tidak akan lepas dari konsep yang dimiliki. Manusia akan berkembang serta mengalami perubahan-perubahan baik secara fisik maupun psikis sesuai dengan diri sendiri atau konsep diri. Perkembangan secara fisik dan psikis tanpa sadar menciptakan mata rantai masalah yang berasal dari dalam diri. Sehingga konsep diri muncul karena adanya masalah seperti kurang percaya diri, merasa rendah diri, suka mengkritik yang semuanya itu berasal dari dalam dirinya sendiri. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah layanan informasi dapat meningkatkan konsep diri siswa kelas X-1 MA Miftahut Thullab Sukolilo Pati Tahun 2012/2013’’?. Tujuan penelitian :1.Mendiskripsikan konsep diri sebelum dan sesudah layanan informasi di berikan pada siswa kelas X-1 MA Miftahut Thullab Sukolilo Pati Semester Genap tahun 2012/2013. 2.Diperolehnya peningkatan konsep diri sesudah diberikannya layanan informasi kepada siswa. 3.Diketahui keberhasilan sebelum dan sesudah di berikannya layanan informasi tersebut. Manfaat penelitian : 1.Manfaat Teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap teori layanan informasi dalam meningkatkan konsep diri siswa. 2. Manfaat Praktis :a.Bagi Peneliti, Hasil penelitian ini merupakan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama kuliah dan dapat diterapkan dalam meningkatkan konsep diri siswa. b. Bagi Sekolah:1.Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai cara awal dalam rangka peningkatan program pendidikan di sekolah, khususnya peningkatan program bimbingan dan konseling pada diri siswa mengenai konsep diri.2.Bagi Guru BK, dengan adanya penelitian ini Guru BK dapat menerapkan layanan informasi untuk meningkatkan konsep diri siswa dimasa sekarang dan yang akan datang.3.Bagi Guru Mata Pelajaran, Guru dapat berkembang secara professional, karena dengan adanya layanan ini dapat menunjukkan adanya kemampuan dalam menilai dan memperbaiki pembelajaran dalam kegiatan peningkatan konsep diri siswa.4.Bagi Siswa, meningkatnya konsep diri yang positif di dalam diri siswa, sehingga prestasi demi prestasi dapat di ciptakan dan proses belajar sehari-hari dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Ruang Lingkup Penelitian: membahas mengenai peningkatan konsep diri siswa, yang akan di lakukan pada siswa kelas X-1 MA Miftahut Thullab Sukolilo Pati, semester II tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dibatasi pada kompetensi dasar menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat, baik sementara maupun tetap. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data: Observasi sebagai metode utama, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung, subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa terdiri dari satu kelas yang memiliki konsep diri rendah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : “Layanan informasi dapat meningkatkan konsep diri pada siswa kelas X-1 MA Miftahut Thullab Sukolilo Pati Tahun pelajaran 2012/2013”. Hasil Penelitian : Meningkatnya konsep diri siswa dari pra tindakan 40,2% menjadi 46,1% pada siklus I dan terjadi peningkatan dari Siklus I ke Siklus II yaitu 46,1% menjadi 73,3%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “Layanan informasi dapat meningkatkan konsep diri pada siswa kelas X-1 MA Miftahut Thullab Sukolilo Pati Tahun pelajaran 2012/2013” diterima karena teruji kebenarannya. Simpulan. Dari hasil penelitian pada siklus I dan II dapat di ketahui hasil peningkatan konsep diri siswa kelas X-1 MA Miftahut Thullab Sukolilo Pati tahun pelajaran 2012/213. Pada siklus II ini ada peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I mendapatkan hasil rata-rata 46,1%, pada siklus II mendapatkan hasil rata-rata 73,3%, terjadi peningkatan sebesar 27,2%. Berdasarkan hasil wawancara dari Guru kelas dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan layanan informasi, konsep diri siswa kelas X-1 sudah mulai ada peningkatan, sebagian siswa sudah memiliki konsep diri yang baik, bersikap obyektif, siswa percaya diri, siswa sudah memiliki rasa tanggung jawab, dan siswa juga sudah bisa memiliki rasa simpati dan empati terhadap teman, dan juga memiliki sikap kemandirian. Berdasarkan simpulan diatas, penulis menyampaikan saran kepada: 1.Bagi Sekolah (penyelenggara pendidikan) Sekolah atau lembaga perlu adanya kerja sama yang baik dengan anggota keluarga sekolah (kepala sekolah, guru, dan karyawan) sehingga mampu memberikan layanan informasi dalam bimbingan pribadi siswa dalam meningkatkan konsep diri yang positif. 2.Siswa: Pelaksanaan layanan informasi dalam bimbingan dan konseling yang di terapkan di sekolah juga bisa juga menambah informasi yang baik pada siswa, untuk membentuk konsep diri yang positif, sehingga siswa lebih optimis dan percaya diri dalam segala hal yang berkaitan dengan konsep diri. 3.Guru/ Pembimbing: Guru pembimbing hendaknya mampu memberikan layanan informasi yang mencakup materi konsep diri secara optimal sesuai dengan kondisi siswa sehingga guru mampu memberikan layanan informasi dalam bimbingan klasikal dengan maksimal. 4. Orang Tua Siswa: a. Orang tua hendaknya tidak lepas tangan untuk membina anak dalam serta membimbing anaknya, dalam meningkatkan konsep diri yang baik atau positif. b. Selain keluarga yaitu lingkungan sangat berpengaruh dalam meningkatkan konsep diri siswa sehingga untuk menghindari terjadinya konsep diri yang negative peranan keluarga atau orang tua sangat diharapkan dalam meningkatkan konsep diri siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabar Rutoto, M.pd
                    Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 09:25
                    Last Modified: 27 Feb 2014 09:25
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2221

                    Actions (login required)

                    View Item