PENINGKATAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XII PS 1 SMK RADEN UMAR SAID BIDANG GRAFIKA KUDUS TAHUN 2012/2013

Aishah, Farida Nurul (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XII PS 1 SMK RADEN UMAR SAID BIDANG GRAFIKA KUDUS TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal sampul) - Accepted Version
Download (358Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (71Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (128Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (208Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (410Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (110Kb)
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (63Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (2733Kb)

                  Abstrak

                  Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan gejala yang terjadi di SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus, khususnya kelas XII PS 1 yang memiliki kemampuan bersosialisasi rendah. Oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi rendahnya kemampuan bersosialisasi siswa. Permasalahan yang akan diteliti adalah: Apakah kemampuan bersosialisasi dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus tahun 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan bersosialisasi siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus Tahun 2012/2013. (2) Untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus Tahun 2012/2013. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus dengan kemampuan bersosialisasi rendah yang berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian PTKBK, dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus dengan 3 pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian PTKBK ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa pada kondisi awal masih sangat rendah yaitu dalam kategori sangat kurang dengan perolehan skor rata-rata 10,4. Sedangkan pada siklus I kemampuan bersosialisasi siswa mengalami peningkatan menjadi kategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 19,7. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 28,4. Jadi kesimpulannya penggunaan metode diskusi serta metode home room dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Sekolah: dengan adanya dampak positif dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan bimbingan kelompok ini. (2) Guru Pembimbing (Konselor sekolah): Diharapkan dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan bimbingan kelompok. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu kemampuan bersosialisasi siswa melalui layanan bimbingan kelompok. (3) Siswa: Siswa harus menyadari akan pentingnya kemampuan bersosialisasi terutama saat di sekolah supaya dapat melatih di kehidupan masa depan yang akan besosialisasi di lingkungan masyarakat yang lebih luas. (4) Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran: sebaiknya bisa menggunakan hasil penemuan peneliti tentang rendahnya kemampuan bersosialisasi siswa sehingga wali kelas maupun guru mata pelajaran lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa secara lebih mendalam. (5) Peneliti Berikutnya: perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang berkaitan dengan masalah kemampuan bersosialisasi siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, MM
                  Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling
                  Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                  Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                  Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 09:43
                  Last Modified: 27 Feb 2014 09:43
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2223

                  Actions (login required)

                  View Item