Unisa', Lu'lu (2013) MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X TKR 1 SMK WISUDHA KARYA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.
Preview |
PDF (Hal Sampul)
cover.pdf - Accepted Version Download (763kB) |
PDF (Bab1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstrak
Diperoleh informasi rendahnya konsentasi belajar pada pelajaran fisika siswa kelas X TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus, berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru matapelajaran fisika. Sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar mata pelajaran fisika pada siswa SMK Wisudha Karya Kudus kelas X TKR 1 Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan konsentrasi belajar pelajaran fisika sebelum dan sesudah diberikan BKp pada siswa kelas X TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus, 2. Mengetahui dan menemukan seberapa besar peningkatan konsentrasi belajar pelajaran fisika melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas X TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Teoritis: hasil penelitian ini dapat menambah referensi sehingga dapat memberikan mangfaat bagi pengembangan konsentrasi belajar pada mata pelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Dapat digunakan guru pembimbing agar pelaksanaan BKp dapat mencakup semua kebutuhan siswa. 2. Tujuan Praktis: Guru BK memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk dapat konsentrasi belajar pelajarn fisika. Guru fisika menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan kreatif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Siswa dapat memperoleh wawasan tentang pentingnya konsentrasi belajar pada proses pembelajaran fisika. Peneliti berhasil melakukan PTKBK untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Pelajaran Fisika Siswa kelas X TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus, sebanyak 8 siswa. Dengan menggunakan metode pengumpulan data data berupa metode observasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil observasi pra siklus menunjukan konsentrasi belajar pada pelajarn fisika sangat kurang 2 (25%) siswa, kurang 5 (62,5%) siswa, dan cukup 1 (12,5%) siswa dengan rata-rata 7,63 (30,5%) rendah. Sikus I, konsentrasi belajar pada mata pelajaran fisika siswa meningkat hasil cukup sebanyak 6 (75%) siswa, kurang sebanyak 2 (25%) siswa dengan rata-rata siklus I 11,13 (44,4%) cukup. Pada siklus II diperoleh hasil baik 7 (87,5%) siswa dan cukup 1 (12,5%) siswa dengan rata-rata 16,38 (65,5%) baik. Secara keseluruhan siklus II memperoleh hasil baik karena sudah mencapai idikator kinerja yang diharapkan yaitu 65%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada pelajaran fisika siswa kelas X TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang diajukan : 1. Bagi Guru BK sebaiknya dengan melakukan pengawasan yang baik terhadap siswa melakukan beberapa metode misalnya bimbingan kelompok. 2. Bagi Peneliti selanjutnya pengembangan penelitian selanjutnya dalam upaya meningkatknan konsetrasi belajar pelajaran fisika melalui BKp buatlah yang inovatif. 3. Bagi siswa harap mampu mempertahankan konsentrasi belajar pada pelajaran fisika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing : Sukiman, M.Pd |
Kata Kunci: | Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Feb 2014 03:22 |
Last Modified: | 27 Feb 2014 03:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2226 |
Actions (login required)
View Item |