NURMASARI, AULIA (2024) Hubungan antara efikasi diri dan dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa sma. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara efikasi diri dan dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa SMA. Subjek penelitian adalah siswa SMA N 1 Batangan dan SMA N 1 Jakenan kelas XI dengan melibatkan 206 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data menggunakan skala efikasi diri, skala dukungan orang tua, dan skala motivasi belajar. Hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx12y sebesar 0,624 dengan taraf sangat signifikansi p sebesar 0,000 (p<0,01) dengan sumbangan efektif sebesar 39%. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan dukungan orang tua dengan motivasi belajar, sehingga hipotesis mayor diterima. Hasil analisis variabel efikasi diri dengan motivasi belajar diperoleh rx1y sebesar 0,605 dengan taraf signifikan p sebesar 0,000 (p<0,01) dengan sumbangan efektif 36,6%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar, dengan demikian hipotesis minor pertama diterima. Hasil analisis variabel dukungan orang tua dengan motivasi belajar diperoleh rx2y sebesar 0,343 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,000 (p<0,01) dengan sumbangan efektif 11,8%. Hal ini mrnunjukkan hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar, dengan demikian hipotesis minor kedua diterima.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ibu Fajar Kawuryan, S.Psi.,M.Si., |
Kata Kunci: | efikasi diri, dukungan orang tua, dan motivasi belajar |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Filsafat. Filosofi. Hubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 20:32 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 20:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22310 |
Actions (login required)
View Item |