UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PADA SISWA KELAS B2 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Falikhah, Noor Izzatul (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PADA SISWA KELAS B2 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (282Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (194Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (295Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (308Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (298Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (191Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (175Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (177Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (717Kb)

                    Abstrak

                    Falikhah, Noor Izzatul. 2013. Upaya Mengembangkan Karakter Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Bermain Pada Anak Kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Tahun 2012/2013. Skripsi.Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Dra.Hj.Sutarti,SE.MM., (II) Drs.Sunardi. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bermain. Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan yang menunjukkan kurangnya karakter disiplin pada siswa kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02. Kurangnya karakter disiplin siswa dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik. Faktor instrinsik yaitu dalam diri sedangkan ekstrinsik dari luar misal tindakan yang diterapkan oleh guru kurang tepat sehingga apabila hal ini tidak segera ditangani akan berdampak pada masa yang akan datang. Maka dari itu peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian dengan judul sebagai berikut: “Upaya Mengembangkan Karakter Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Bermain Pada Siswa Kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Tahun Pelajaran 2012/2013.” Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Apakah Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Bermain Dapat Efektif mengembangkan karakter siswa B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian yaitu 1. Dideskripsikan pengembangan siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bermain pada kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Tahun pelajaran 2012/2013. 2. Diperoleh pengembangan karakter siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bermain pada kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Tahun pelajaran 2012/2013. Kajian pustakanya adalah karakter disiplin, layanan bimbingan kelompok teknik bermain. Hipotesis penelitian sebagai berikut: layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik dapat mengembangkan karakter siswa kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 tahun pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02. Variabel penelitian: Mengembangkan karakter siswa kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 (Variabel terikat) dan Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain (variabel bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analasis data menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan antara nilai pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Sedangkan data yang berbentuk data kualitatif, dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi untuk direfleksi. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama guru kelas. Penelitian dilakukan dari data hasil observasi terhadap 8 aspek penilaian. Aspek itu meliputi datang ke sekolah tepat waktu, memakai seragam dengan rapi, berdo’a sebelum kegiatan. Mendengarkan penjelasan materi. Mematuhi aturan-aturan dalam bermain. Mandiri dan kreatif dalam menyelesaikan permainan. Menyelesaikan permainan dengan tepat waktu. Merapikan mainan setelah digunakan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh data prasiklus sebelum tindakan layanan bimbingan kelompok teknik bermain yaitu 3 siswa (sangat kurang) dan 2 siswa (kurang) dan nilai rata-rata 29,2% (kurang). Setelah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain pada siklus I diperoleh hasil 3 siswa (cukup) dan 2 siswa (baik) dengan nilai rata-rata 48,7%. Kemudian pada siklus II meningkat lagi, diperoleh hasil 4 siswa (sangat baik) dan 1 siswa (baik) dengan nilai rata-rata 75,2%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain dapat mengembangkan karakter siswa. Hal ini terbukti sebelum layanan siswa memperoleh kategori sangat kurang, setelah layanan pada siklus I karakter siswa memperoleh kategori cukup dan setelah layanan pada siklus II siswa memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah untuk menentukan kebijakan-kebijakan dalam mendukung pelaksanaan program BK di sekolah. 2. Guru Kelas dapat menerapkan layanan ini dalam membantu mengembangkan karakter siswa. 3. Orang tua agar lebih memperhatikan perkembangan anak dan memberi waktu luang untuk bersama anaknya

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: pembimbing:Hj.Sutarti,S.E.M.M
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 10:23
                    Last Modified: 27 Mar 2014 10:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2233

                    Actions (login required)

                    View Item