UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM MEMPERSIAPKAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK N 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Astuti, Dwi (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM MEMPERSIAPKAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK N 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Astuti, Dwi. 2013. Upaya Meningkatkan Kemandirian siswa dalam Mempersiapkan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (1) Drs. Sucipto, M.Pd. Kons., (2) Drs. Masturi, MM. Kata-kata kunci : Kemandirian mempersiapkan karir, Bimbingan Kelompok Penelitian ini dilatar belakangi oleh lulusan SMK yang dibekali dengan ketrampilan dalam memasuki dunia kerja, tetapi pembekalan tersebut kurang diimbangi dengan faktor - faktor psikologis pada siswa yang tidak kalah pentingnya, seperti: kemandirian, minat, motivasi, kreatifitas, kepercayaan diri dan lain-lain. Fakta dilapangan sebagian besar siswa memiliki kemandirian yang rendah dalam memilih karirnya, hal ini diperoleh berdasarkan informasi dari guru pembimbing, Seperti dalam hal pengambilan keputusan karir, orang tua siswa masih berperan sangat besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Mempersiapkan Karir Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Sedang tujuan dari penilitian ini ialah: 1. Untuk mendeskripsikan tentang kemandirian siswa dalam mempersiapkan karir sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok kelompok siswa kelas XI Akuntansi I SMK Negeri 1 Kudus semester genap 2012/ 2013. 2. Diperoleh peningkatan kemandirian siswa dalam mempersiapkan karir melalui bimbingan kelompok siswa kelas XI Akuntansi I SMK Negeri 1 Kudus semester genap 2012/ 2013. Manfaat penelitian ini adalah: 1. Manfaat teoritis, Untuk memberikan sumbangan yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bimbingan dan konseling. 2. Manfaat praktis, yaitu: 1) Bagi Kepala Sekolah, dapat digunakan untuk kebijakan yang mendulung pelaksaan program bimbingan konseling yang dilaksanakan di SMK N 1 Kudus, 2) Bagi Siswa, dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok semaksimal mungkin supaya dapat meningkatkan kemandirian dalam mempersiapkan karir. Kajian pustaka pada penelitian ini adalah mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan kemandirian siswa dan bimbingan kelompok. Dari kajian pustaka tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Mempersiapkan Karir Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Setting penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa yang mempunyai kemampuan kemandirian mepersiapkan karir yang rendah. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan desain PTBK yang bersifat refleksi dengan dua siklus. Adapun alat dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu: variabel bebas; layanan bimbingan kelompok (X) dan variabel terikat; kemandiriaan dalam mempersiapkan karir (Y). Hasil penelitian ini adalah: pada pra siklus mendapatkan hasil 25% dalam kategori sangat kurang, di siklus pertama setelah diberikan layanan bimbingan kelompok memperoleh hasil 68,5% dalam kategori baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,5% dalam kategori sangat baik dengan peningkatan dari siklus I sebesar 16%. Simpulan: Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam mempersipkan karir siswa kelas XI Akuntasi 1 SMK N 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: (i) Kepada Kepala Sekolah : Hendaknya mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang mendukung kemandirian siswa dalam mempersiapkan karir.(ii) Bagi Konselor : Melakukan pengamatan dan usaha sejak dini dalam upaya meningkatakan kemandirian siswa dalam memeprsiapkan karir. Konselor juga dapat melakukan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan benar dan memungkinkan untuk mengembangkan model bimbingan yang sudah ada.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Feb 2014 04:33
Last Modified: 27 Feb 2014 04:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item View Item