STUDI KASUS PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI SISWA SERING MEMBOLOS DI KELAS X MAN 1 KUDUSTAHUN PELAJARAN 2012/2013

Permania, Adib Hadi (2013) STUDI KASUS PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI SISWA SERING MEMBOLOS DI KELAS X MAN 1 KUDUSTAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (566kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (126kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran_Skripsi_NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Permana, Adib.Hadi.2013.“Studi kasus penerapan konseling behavioristik untuk mengatasi siswa sering membolos di kelas X MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013.Skripsi.Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.Dosen Pembimbing I : Dra.Hj.Sutarti,SE,MM. Pembimbing II : Drs. Sunardi. Kata Kunci :KonselingBehavioristik, Siswa Membolos Dalam Kegiatan pembelajaran disekolah, biasanya ditemukan masalah yang tidak mudah dipahami atau diselesaikan oleh orang dewasa. sehingga seringkali perilaku siswa yang kurang baik timbul pada siswa disekolah, khususnya di MAN 1 Kudus. Beberapa siswa sering membolos tidak masuk sekolah.Akibat dari sering membolos menyebabkan ketinggalan pelajaran dan prestasi yang kurang. Sehingga perlu diberikan konseling Behavioristik merupakan bentuk layanan bimbingan dan konseling di sekolah yang dapat digunakan untuk mengatasi siswa membolos.Melalui layanan konseling Behavioristik diharapkan dapat membantu siswa mengubahperilaku membolos menjadi rajin masuk sekolah. Pada penelitian ini penulis merumuskan permasalahan apakah konseling behavioristik dapat mengatasi siswa sering membolos di kelas X MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah: 1.Menemukan faktor-faktor dominan penyebab siswa sering membolos di kelas X MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, 2.Untuk mengatasi siswa sering membolos melalui konseling behavioristik di kelas X MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Sedangkan yang menjadi kegunaan teoritis dalam penelitian ini adalah: 1.Sebagai salah satu acuan dalam pelaksanaan layanan konseling, maka secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai model konseling behavioristik dalam mengatasi kenakalan siswa yang membolos sekolah, khususnya pada siswa kelas X MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, 2.Menjadi dasar pijakan untuk penelitian-penelitian selanjutnya. Dan kegunaan Praktis berupa: 1.Dapat digunakan sebagai acuan atau dasar menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program BK disekolah, 2.Dapat digunakan sebagai acuan untuk membantu siswa yang sering membolos melalui konseling behavioristik, 3.Dapat memberi masukan kepada wali kelas untuk memberikan informasi dan kerja samanya dalam menangani siswa yang sering membolos, 4.Dapat lebih memperhatikan anak-anak mereka, serta terus memberikan pendidikan contoh berperilaku yang baik dimanapun mereka berada, 5.Dapat memberi masukan bagi siswa tentang akibatnya sering membolos yang menyebabkan kegagalan dalam menempuh pendidikan, 6.Dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan, menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Sesuai dengan judul penelitian, maka ruang lingkup penelitian adalah mengenai studi kasus untuk mengungkap perilaku siswa yang sering membolos dengan menerapkan model konseling Behavioristikpada tiga siswa agar kehadirannya lebih rajin.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode wawancara, observasi, home visit,dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, kemudian dibahas dan dianalisis dan dapat disimpulkan sebagai berikut: Klien I penyebab membolos disebabkan kurang disiplin, belum mempunyai tanggung jawab mengenai studinya, orang tua kurang memperhatikan anaknya. Klien 2 penyebab membolos disebabkan kurang memahami pentingnya kedisiplinan sekolah, malu dengan temannya, orang tua yang kurang memperhatikan anaknya.Klien 3 penyebab membolos disebabkan kurang disiplin, siswa yang tidak suka dengan peraturan sekolah, orang tua yang kurang memperhatikan anaknya, tidak ada yang mengontrol kebiasaannya disekolah. Melalui pendekatan behavioristik dengan menggunakan Aversion therapysebanyak tiga konseling, Kliendapat menyadari tingkah lakunya yang keliru sehingga terjadi perubahan tingkah laku baru yang positif, yaitu denganmenemukan arahnya sendiri secara bertanggung jawab, kesadaran akan perbuatan yang akan merugikan diri sendiri. Disarankan kepada:1.Kepala sekolah agar selalu memberikan dukungan dan menyediakan fasilitas belajar yang dibutuhkan untuk menunjang semangat belajar siswa, waktu luwang istirahat siswa kelas X MAN 1 Kudus.2.Bagi Guru pembimbing hendaknya dalam membantu mengatasi permasalahan siswa membolos dilakukan secara sistematis dengan teknik konseling behavioristik, dimulai dengan langkah mengidentifikasi masalah siswa, mendiagnosis, mengadakan prognosis, melakukan treatment dan melakukan evaluasi dan tindak lanjut.3.Untuk wali kelas hendaknya mencermati dan segera menindak lanjuti dengan tindakan preventif apabila menemukan gejala-gejala siswa bersifat membolos.4.Orang tua hendaknya memperhatikan serta memahami diri anak akan tugas untuk memantau anak dalam kegiatan sekolah.  

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2014 01:24
Last Modified: 28 Feb 2014 01:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item