UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJARPADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VIII ASMP 04 BAE KUDUS

Hikmah, Laila Amirul (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJARPADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VIII ASMP 04 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (650Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (269Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (368Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (375Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (614Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (245Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (235Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (205Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3701Kb)

                    Abstrak

                    Hikmah, Laila Amirul. 2013.Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Layanan Bimbingan KelompokSiswa Kelas VIII A SMP 04 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons, (ii) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kata-kata Kunci:Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Bimbingan Kelompok Mengingat mata pelajaran Bahasa Jawa ialah pelajaran yang kurang di minati para siswa. Alasan mereka tidak mempunyai minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa ialah mereka menganggap bahasa Jawa pelajaran yang jadul. Hal ini ditunjukkan pada saat siswa mengalami penurunan prestasi akademik, banyak siswa yang tidak mempunyai semangat dalam pelajaran Bahasa Jawa. Pada saat pelajaran siswa mengobrol dengan teman sebangku, ketika diberi pertanyaan siswa tidak bisa menjawab, pada saat pembelajaran siswa mengantuk, dan tidak mendengarkan ketika guru menjelaskan materi, serta tidak mempunyai semangat untuk memperoleh prestasi yang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan: 1. Bagaimana meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII A SMP 04 Be Kudus tahun pelajaran 2012/2013? 2. Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa pada siswa kelas VIII A SMP 04 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini untukmendeskripsikanMinat Belajarsiswadalampelajaran Bahasa Jawa sebelumdansesudahdiberikanlayananbimbingankelompokpadasiswakelas VIII A SMP 04 Bae Kudus. Diperoleh peningkatan Minat BelajarBahasa Jawamelaluilayananbimbingankelompokpadasiswakelas VIII A SMP 04 Bae Kudus.Landasan teorinya adalah Minat Belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawadan layanan bimbingan kelompok. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa pada siswa kelas VIII A SMP 04 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 04 Bae Kudus, sebanyak 8. Variabel penelitian: Layanan Bimbingan Kelompok (Variabel tindakan) dan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa (Variabel masalah). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Jawadan observasi dilakukan secara langsung bersama guru mata pelajaran Bahasa Jawa. Penelitian dilakukan dari data hasil observasi dengan berpedoman pada 10 aspek yang dinilai yaitu: siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran, siswa tenang dalam mengikuti pelajaran, siswa senang mengikuti pelajaran, siswa menjawab pertanyaan pada sadar pembelajaran, siswa mampu berbahasa jawa dengan baik, siswa bisa fokus pada pembelajaran, siswa antusias dalam mengikuti pelajaran, siswa siap menerima materi yang disampaikan guru, siswa memahami materi yang diberikan oleh guru, siswa tidak terlambat pada pelajaran Bahasa Jawa. Berdasarkan hasil observasi kondisi diperoleh hasil kategori sangat kurang sebanyak 2 (25%) siswa dan kategori kurang sebanyak 6 (75%) siswa dari jumlah siswa keseluruhan. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa siswa meningkat tetapi belum maksimal dengan hasil kategori cukup sebanyak 6 (7,5%) siswa, tergolong kategori baik sebanyak 2 (25%) dari keseluruhan siswa. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil kategori cukup 3 (37,5%) siswa dan tergolong kategori baik sebanyak 5 (62,5%) siswa dari jumlah siswa keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa pada siswa kelas VIII A SMP 04 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Dengandemikianhipotesis yang diajukandapatditerimakarenatelahterujikebenarannya.Melihattemuandilapangan, penelitimemberikan saran kepada: 1. Kepalasekolahhendaknyamenambah sarana dan prasarana yang dapat menunjang dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa melalui layanan bimbingan kelompok, sehingga siswa dapat belajar aktif dan kreatif serta berpikir untuk lebih semangat dalam menghadapi suatu masalah. 2. Guru mata pelajaran Bahasa Jawa hendaknya menerapkan pembelajaran yang lebih baik, karena pembelajaran yang baik akan membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar danlayanan berlangsung. Sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pelajaran mata pelajaran Bahasa Jawa. 4. Siswaharusmenyadariakanpentingnyaminat belajar, dan memiliki semangat yang tinggi

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: pembimbing:Dra.Sumarwiyah M.Pd,Kons
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 10:23
                    Last Modified: 27 Mar 2014 10:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2244

                    Actions (login required)

                    View Item