Nugraha , Firdaus (2013) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI LAYANAN PENGUASAAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X-7 SMA 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Update Test thesis, FKIP UMK.
Preview |
PDF (Halaman Sampul)
Cover.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
PDF (Bab 5)
bab_5_new.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
PDF (Bab 6)
BAB_6_new.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (99kB) |
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstrak
Nugraha, Firdaus. 2013. Meningkatkan KecerdasanEmosional Siswa melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas X-7 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing (I) Dra. Sumarwiyah, M.Pd Kons., (II) Drs. Masturi, MM Kata Kunci: KecerdasanEmosional, Layanan Penguasaan Konten Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X-7 mempunyai kecerdasan emosional yang rendah seperti, belum bisa mengendalikan dan mengelola emosinya, egois, merasa minder, takut, putus asa dan tidak dapat memotivasi dirinya sendiri ketika berada dalam keputusasaan saat menghadapi masalah, kurang rasa empati terhadap orang lain. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaankonten dapat meningkatkan siswa yang kecerdasan emosionalnya rendah pada kelas X-7 SMA 1 Mejobo tahun pelajaran 2012/2013? Tujuanpenelitianiniadalah: diperolehnyapeningkatansiswa kecerdasan emosionalnya rendah melaluilayananpenguasaankontenpada kelasX-7 SMA 1 MejoboTahunPelajaran 2012/2013. Tujuan yang ingindicapaidalampenelitianiniyaitudiperolehnyapeningkatankecerdasanemosionalsiswamelaluilayananpenguasaankontenpadakelas X.7 SMA 1 MejoboTahunPelajaran 2012/2013. Dalampenelitianmengkajiteori-teori yang berhubungandengankecerdasanemosionalmerupakankemampuanindividu yang mencakuppengenalanemosi yang adapadadirisendiri, mampumengelolaemosisecarabaik, mampumengekspresikanemositersebutsecaratepatdantidakberlebihan, mampumemotivasidiri, mengenaliemosi orang lain sertakemampuandalammembinahubungandengan orang lain secarabaik. Layananpenguasaankontenmerupakanlayananbantuankepadaindividuuntukmenguasaikemampuanataukompetensitertentumelaluikegiatanbelajar.HipotesisPenelitianiniadalah: “Layananpenguasaankonten dapat meningkatkan kecerdasan emosionalpada kelasX-7 SMA 1 MejoboTahunPelajaran 2012/2013”. Subjek yang ditelitidalampenelitianiniadalahsiswakelasX-7 SMA 1 Mejobodiambilseluruhanakdalamsatukelas.Variabelpenelitian: penguasaankonten(variabelbebas) dan kecerdasan emosional (variabelterikat). Metodepengumpulan data metodepokokobservasi, metodependukungyaituwawancaradandokumentasi.Analisis data menggunakandeskriptifkomparatif.Penelitiandilakukan 2 siklus (siklus I dansiklus II) setiapsiklus3pertemuanmembahas3materidenganalokasiwaktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi 7 aspek penilaian peningkatan kecerdasanemosional siswa, dapat dikatakan bahwa melalui layanan penguasaan konten kecerdasanemosional siswa dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus yang memperlihatkan bahwa kecerdasanemosional siswa mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus 14,2 pada siklus I 15,1 dan pada siklus II 26. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kecerdasanemosional siswa kelas X-7 SMA1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.Hasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanlayananpenguasaankontendapatmeningkatkansiswa yang kecerdasan emosional rendah pada kelasX-7 SMA 1 Mejobo.Dengandemikianhipotesis yang diajukandapatditerimakarenatelahterujikebenarannya. Melihattemuandilapangan, penelitimemberikan saran kepada: 1. Kepada kepalasekolahhendaknyamemberikanfasilitassaranadanprasaranayang mendukung agar program layananbimbingandankonselingdapatberjalandenganbaik. 2. Kepada konselor, diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan bimbingan kelompok konseling secara intensif sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada orang tua, hendaknya membantu anak-anaknya dalam mengembangkan kecerdasan emosinya, dengancaramelatihanakmengendalikandiridalamsetiapmenghadapimasalah, danmelatihanakbelajarberkomunikasisecarasantun 4. Kepada siswa, diharpakan siswa sering berkomunikasi dengan teman-teman dan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar agar semakin menanmbah keterampilan komunikasinya, keterampilan sosialnya, danjugadapatmeningkatkankecerdasanemosional. 5. Penelitiberikutnya, perlumngadakanpenelitianlebihlanjutdanlebihlengkap yang keterkaitandenganmasalahkemampuanbersosialisasisiswadenganmenggunakanlayananpenguasaankonten.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing : Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons |
Kata Kunci: | bimbingan dan konseling |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Feb 2014 01:30 |
Last Modified: | 28 Feb 2014 01:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2245 |
Actions (login required)
View Item |