UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X-2 SMA N 2 BAE KUDUS

Ardilla, Yenita Maharani (2013) UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X-2 SMA N 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (424Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (194Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (278Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (332Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (488Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (207Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (184Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (127Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2127Kb)

                    Abstrak

                    Ardilla. Yenita Maharani. 20013. “ Upaya Mengkatkan Konsentrasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Layanan Penguasaan Konten Kelas X-2 SMA N 2 Bae Kudus. Skripsi. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., (ii) Drs. Sunardi. Kata Kunci : Konsentrasi Belajar, Layanan Penguasaan Konten Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya fenomena siswa yang mengalami penurunan konsentrasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X-2 SMA N 2 Bae Kudus. Hal ini ditunjukan dengan rendahnya minat siswa pada mata pelajaran sejarah, mereka cenderung menyepelekan pelajaran sejarah, kurang aktif dalam pembelajaran, mengantuk, melamun, dan sulit merespon pertanyaan dari guru, gaduh dan tidak dapat memfokuskan fikiran saat mengikuti pelajaran sejarah. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan tujuan penelitian ini untuk:memperoleh peningkatkan konsentrasi belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X -2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013.Kegunaan penelitian: 1. Kepala sekolah:untuk dijadikan pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah, 2. Konselor:Dapat digunakan sebagai acuan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa yang mengalami kesulitan konsentrasi belajar pada mata pelajaran sejarah. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA N 2 Bae Kudus, sebanyak 31 siswa. Variabel penelitian. Layanan Penguasaan Konten (Variabel tindakan) dan Konsentrasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah (Variabel masalah). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Rancangan penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, refleksi terhadap tindakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada tahap pra siklus konsentrasi belajar siswa untuk mata pelajaran sejarah dari 31 siswa kelas X-2 SMA N 2 Bae Kudus sebelum diberikan layanan penguasaan konten diperoleh hasil observasi 31 siswa dengan hasil rata-rata (33%) kurang, rendahnya konsentrasi belajar siswa karena siswa kurang berminat pada pelajaran sejarah, tidak antusias mengikuti pelajaran sejarah, mengantuk, melamun, mengalihkan perhatian dengan mengobrol dan sulit memusatkan fikiran saat mengikuti pelajaran sejarah. Setelah diberikan layanan penguasaan konten pada siklus I dari ketiga pertemuan diperoleh hasil rata-rata 48% (Kurang) terjadi peningkatan sebesar 15%, dari 33 % (Kurang) menjadi 48% (Kurang) ini dikarenakan siswa sudah mulai tertarik pada mata pelajaran sejarah meskipun baru sebagian siswa sajayang antusias dalam mengikuti pembelajaran, kemudian pada siklus II terdapat peningkatan dari siklus I, pada Siklus II dari ketiga pertemuan mendapat hasil rata-rata 78% (Baik) terjadi peningkatan 30 % dari 48% (Kurang) menjadi 78 % (Baik). Berdasarkan kesimpulan dan keguanaan penelitian di atas maka dapat disarankan kepada : 1. Kepala sekolahdiharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik. 2 Konselor hendaknya memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan cara meningkatkan konsentrasi dalam belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan potensi belajarnya sehingga tercapai prestasi belajar yang maksimal. 3. Guru mata pelajaran sejarah hendaknya dalam mengajar menggunakan metode yang lebih kreatif agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah di kelas. 4. Diharapkan siswa mampu meraih prestasi belajar yang tinggi pada mata pelajaran sejarah melalui peningkatan konsentrasi dalam belajarnya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 28 Feb 2014 09:00
                    Last Modified: 28 Feb 2014 09:00
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2251

                    Actions (login required)

                    View Item