UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP 2 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Daryanti, Erni (2013) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP 2 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (303Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (75Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (177Kb)
        [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (130Kb)
          [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (81Kb)
            [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (100Kb)
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (40Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (8Mb)

                  Abstrak

                  Daryanti, Erni. 200931197. Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa VIII F SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing I Drs. Sabar Rutoto, M.Pd., Dosen Pembimbing II Drs. Sunardi. Kata-kata kunci: Tanggung Jawab Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Berdasarkan hasil observasi di SMP 2 Jekulo Kudus dan wawancara kepada guru pembimbing di SMP 2 Jekulo Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan masih ada siswa yang tanggung jawab belajarnya rendah sehingga diperlukan upaya bantuan layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa pada kelas VIII F SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang kurangnya tanggung jawab belajar siswa pada siswa kelas VIII F SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 dan untuk memperoleh peningkatan tanggung jawab belajar siswa melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII F SMP 2 Jekulo Kudus Tahun 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan teoritis, hasil penelitian ini dapat menambah referensi sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan tanggung jawab belajar siswa. 2. Kegunaan praktis 1) Bagi Siswa dapat meningkatkan tanggung jawab belajar melalui layanan bimbingan kelompok. 2) Guru BK dapat digunakan sebagai dasar acuan atau panduan dalam melakukan bantuan kepada siswa yang mengalami permasalahan rasa tanggung jawab belajar siswa yang rendah. 3) Bagi Kepala Sekolah dapat digunakan sebagai dasar menentukan kebijakan yang dapat mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling disekolah. Hipotesis penelitian ini adalah : “Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII F SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini termasuk PTK BK. Penelitian ini dilakukan di, SMP 2 Jekulo Kudus yang beralamat di Tanjungrejo, Jekulo, Kudus. Kelas VIII F berjumlah 36 siswa dengan 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sedangkan subyek penelitian ini adalah adalah 8 siswa yang tanggung jawab belajarnya kurang diantara siswa kelas VIII F tahun pelajaran 2012/2013. Variabel penelitian: Layanan bimbingan kelompok (variabel bebas) dan tanggung jawab belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan bahwa pada tahap pra siklus menunjukkan tanggung jawab belajar siswa kurang dengan hasil kategori kurang (25%) 2 siswa, kurang (62,5%) 3 siswa, dan kurang (32,5%) 2 siswa dan kurang (35%) 1 siswa, dengan rata-rata 11,6 (29%) kurang. Sikus I, tanggung jawab belajar siswa meningkat, dengan kategori kurang (42,5%) 2 siswa, sedang (45%) 2 siswa, sedang (47,5%) 2 siswa, sedang (50%) 1 siswa dan sdang (52,5%) 1 siswa, dengan rata-rata 18,6 (46,5%) sedang. Siklus II, tanggung jawab belajar siswa meningkat lagi, dengan kategori baik (75%) 2 siswa, baik (77,5%) I siswa, baik (80%) 3 siswa, sangat baik (85%) 1 siswa dan sangat baik (87,5%) 1 siswa, dengan rata-rata 32 (80%). Hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas VIII F SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Siswa, diharapkan mampu mempertahankan tanggung jawab belajar siswa yang baik. 2. Guru pembimbing, hendaknya melakukan pengawasan yang baik terhadap siswa dengan melakukan beberapa metode misalnya bimbingan kelompok. 3. Kepala sekolah, hendaknya memberikan jam BK kepada kelas VIII agar program BK dapat terlaksana dengan baik.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
                  Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                  Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                  Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                  Tanggal Deposit: 28 Feb 2014 09:12
                  Last Modified: 28 Feb 2014 09:12
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2254

                  Actions (login required)

                  View Item