UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X TP 4SMK WISUDHA KARYA

Khoiriyah , Kholishotul (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X TP 4SMK WISUDHA KARYA. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (936kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka ]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Khoiriyah, Kholishotul. 2013.Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X TP 4 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan.Pembimbing: (i)Drs. Sabar Rototo M.Pd, (ii) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kata Kunci :Motivasi Belajar PAI, Bimbingan Kelompok Latar belakang dalam permasalahan ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SMK Wisudha Karya Kudus siswa kelas X TP 4 , di mana siswa memiliki kurang motivasi belajar PAI. Kurangnya motivasi belajar PAI siswa disebabkan dari tidak adanya ketertarikan pada guru artinya membenci atau bersikap acuh tak acuh, tidak tertarik pada mata pelajaran PAI, berbicara sendiri dan bermain dengan temannya, sering meninggalkan jam KBM PAI, tidak ingin identitasnya diakui oleh orang lain, tindakan, kebiasaan dan moralnya tidak dalam kontrol diri, tidak mengingat pelajaran dan tidak mempelajarinya kembali dan tidak terkontrol oleh lingkungannya. Sedangkan, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa kelas X TP 4 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar PAI siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X TP 4SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1. Teoritis:Hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang ada sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Bimbingan dan Konseling. 2. a.Sebagai acuan bahwa mata pelajaran PAI sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa., b. Dapat digunakan sebagai acuan kebijakan tentang pentingnya pelaksanaan layanan bimbingan konseling terutama bimbingan kelompok di sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. c. Sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan konseling dengan sungguh-sungguh dalam membantu anak yang mengalami masalah motivasi belajar dan mengetahui pentingnya layanan bimbingan konseling bagi siswa khususnya layanan bimbingan kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X TP 4 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode pokok dan metode wawancara. Lokasi penelitian ini di SMK Wisudha Karya Kudus mulai pertengahan bulanMei sampai dengan awal bulan Juni 2012. Subyek penelitian berjumlah 10 siswa yang secara keseluruhan terdiri dari siswa laki-laki yang mempunyai motivasi belajar kurang yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok dengan teknik Variabel bebas dan Variabel terikat. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 3 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar PAI siswa, ini terbukti dari sebelum tindakan, 10 siswa kategori kurang.Hasil analisis motivasi belajar PAI siklus I motivasi belajar PAI siswa meningkat, semua siswa dalam kategori cukup. Sedangkan hasil analisis motivasi belajar pasca siklus II, motivasi belajar PAI siswa meningkat, 5 siswa dalam kategori sangat baik, 4 siswa dalam kategori baik, dan 1 siswa dalam kategori cukup. Sehingga keseluruhan dari 2 siklus terjadi peningkatan 47,4% dan semua siswa berada dalam kategori baik. Saran yang diberikan Kepala Sekolah. (1) Kepala sekolah hendaknya memberikan jam masuk kelas terhadap guru BK agar pelaksanaan layanan bimbingan konseling terutama layanan bimbingan kelompok dapat dilaksanakan seoptimal mungkin oleh guru BK. (2) Guru kelas hendaknya menginput bimbingan kelompok dalam proses KBM dengan berkolaborasi dengan guru BK untuk membantu mereka dalam memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami siswa. (3) Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu memecahkan permasalahan yang sedang dialami. (4) Guru pembimbing hendaknya memasukkan bimbingan kelompok sebagai salah satu program bimbingan dan konseling di sekolah dan memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa secara berkala karena selama ini siswa jarang sekali pernah mengikuti bimbingan kelompok hendaknya melaksandan akan layanan bimbingan kelompok pada saat jam bimbingan dan konseling agar semua siswa merasakan manfaat dari pelakasanaan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ssusilo Rahardjo, M.Pd.
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2014 02:19
Last Modified: 28 Feb 2014 02:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item