UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VII SMP 1 JATI KUDUS TAHUN 2012/2013

Andriani, Winda (2013) UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VII SMP 1 JATI KUDUS TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (930Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (179Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (134Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (332Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1264Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (176Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (96Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (97Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb)

                    Abstrak

                    Andriani, Winda. 200931153. Upaya Meningkatkan Daya Tarik Diri Melalui Layanan Informasi pada Siswa Kelas VII SMP 1 Jati Kudus Tahun 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd., (ii) Drs. Arista Kiswantoro. Kata-kata kunci: Daya Tarik, Layanan Informasi Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya daya tarik diri yang dimiliki oleh siswa kelas VIIG SMP 1 Jati Kudus yang mengakibatkan ada siswa yang tidak memiliki teman atau bahkan dijauhi. Sehingga siswa tidak dapat menjalin hubungan sosial dengan baik. Karena salah satu faktor yang mendasari terjadinya hubungan sosial adalah daya tarik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah layanan informasi dapat meningkatkan daya tarik diri bagi siswa dengan daya tarik diri yang rendah kelas VII SMP 1 Jati Kudus Tahun 2012/2013?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik diri yang dimiliki oleh siswa serta meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling. Kegunaan penelitian ini meliputi kegunaan teoritis dan kegunaan praktis. Kegunaan praktis meliputi kegunaan bagi siswa, bagi konselor dan kepala sekolah. Kajian pustaka membahas mengenai dua variabel penelitian, yaitu daya tarik dan layanan informasi. Kajian pustaka mengenai daya tarik meliputi pengertian, ciri-ciri pribadi yang menarik, kriteria seseorang dengan daya tarik tinggi, faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik, teori ketertarikan, dan upaya meningkatkan daya tarik diri. Kemudian layanan informasi membahas mengenai pengertian, tujuan, komponen, metode, materi dan langkah-langkah dalam layanan informasi. Selanjutnya peneliti menyusun hipotesis penelitian tindakan ini yaitu “Penggunaan layanan informasi dapat meningkatkan daya tarik diri siswa kelas VII SMP 1 Jati Kudus Tahun 2012/2013”. Metode penelitian membahas tentang seting penelitian dan karakteristik subjek penelitian, variable penelitian, rancangan penelitian, prosedur penelitian, serta analisis data. Penelitian dilakukan di SMP 1 Jati Kudus pada kelas VII G. Subjek penelitian ini yaitu 15 siswa yang memiliki daya tarik diri rendah. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus tiga pertemuan. Dalam melaksanakan penelitian, digunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Kemudian analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian dalam dua siklus penelitian, tindakan peneliti dalam memberikan layanan informasi mengalami peningkatan, begitu pula dengan kegiatan siswa serta situasi dan kondisi pelaksanaan layanan. Setelah dilakukan penelitian dalam dua siklus, diketahui bahwa terjadi peningkatan daya tarik diri siswa. Pada siklus I daya tarik diri siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 35.2% menjadi 48.9%, atau dengan kata lain layanan informasi mencapai keberhasilan 13.7%. Kemudian pelaksanaan layanan informasi siklus II, terjadi peningkatan daya tarik diri siswa sebesar 64.3% dari pelaksanaan siklus I sebesar 48.9%. Dengan kata lain keberhasilan layanan informasi dalam meningkatkan daya tarik diri siswa sebesar 15.4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kondisi awal siswa memiliki daya tarik diri yang rendah. Untuk meningkatkan daya tarik diri siswa, maka diberikan layanan informasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diketahui adanya peningkatan pada tindakan peneliti, kegiatan siswa dan kondisi saat layanan informasi berlangsung. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada daya tarik diri siswa setelah diberikan layanan informasi. Sehingga terbukti bahwa penggunaan layanan informasi dapat meningkatkan daya tarik diri siswa kelas VII SMP 1 Jati Kudus Tahun 2012/2013. Peneliti menyarankan kepada kepala sekolah untuk selalu mendukung penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling, serta kepada konselor disarankan untuk selalu menambah wawasan tentang BK dan selalu meningkatkan kualitas layanan BK.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabar Rutoto, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 28 Feb 2014 09:25
                    Last Modified: 28 Feb 2014 09:25
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2257

                    Actions (login required)

                    View Item