UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN KELAS X 2 SMA NASIONAL PATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sari, Kartika Puspita (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN KELAS X 2 SMA NASIONAL PATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Puspitasari, Kartika. 2013. Upaya Meningkatkan Percaya Diri Pada Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Kelas X 2 SMA Nasional Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons 2. Dra. Hj. Sutarti, SE, MM. Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Percaya Diri. Penelitian ini berlandaskan pada permasalahan yang diperoleh dari wawancara terhadap Guru BK dan observasi terhadap siswa SMA Nasional Pati Tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan rendahnya percaya diri siswa. Rendahnya percaya diri siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Apabila hal ini tidak segera ditangani, maka akan berdampak pada prestasi belajar dan kehidupan siswa. Permasalahan yang diteliti: “Bagaimanakah penerapan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan percaya diri siswa pada siswa kelas X 2 SMA Nasional Pati?”. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikannya percaya diri siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten, diperolehnya peningkatan percaya diri siswa yang dilakukan sesudah peneliti melalui layanan penguasaan konten. Kegunaan penelitian: secara teoritis sebagai manfaat sumbangan pemikiran untuk bahan pertimbangan bagi perkembangan dan peningkatan mutu layanan bimbingan, sedangkan secara praktis bermanfaat untuk pihak-pihak yang telibat dalam pemberian layanan bimbingan konseling saat diadakan penelitian seperti Kepala Sekolah, Konselor, Siswa dan Peneliti. Hipotesis tindakan: Layanan penguasaan konten dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas X 2 SMA Nasional Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat (percaya diri) dan variabel bebas (layanan penguasaan konten). Subyek penelitian kelas X 2 berjumlah 22 siswa. Bentuk penelitian PTK BK yang bersifat kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu yang digunakan 45 menit. Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Berdasarkan tujuan penelitian yang didasarkan pada pembahasan dan analisis data hasil pengamatan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Pada kondisi awal percaya diri dari 22 subjek diperoleh hasil 4 siswa skor 2 (Rendah) dan 18 siswa skor 1 (Sangat Rendah). Hasil rata-rata percaya diri sebelum penelitian 15 (Sangat Rendah). Setelah diberikan layanan penguasaan konten pada siklus I memperoleh hasil 17 siswa skor 3 (Cukup) dan 5 siswa skor 2 (Rendah). Hasil rata-rata percaya diri siklus I 27 (Cukup). Percaya diri pada siklus II memperoleh hasil 19 siswa skor 5 (Sangat Baik) dan 3 siswa skor 4 (Baik). Hasil rata-rata percaya diri pada siklus II 44 (Sangat Baik). 2. Kondisi awal memperoleh hasil rata-rata= 15, rata-rata siklus I= 27, ada peningkatan sebesar 12. Rata-rata siklus I= 27, rata-rata siklus II= 44, ada peningkatan sebesar 17. Jadi, hasil peningkatan PTK BK sebesar 29. Sehingga hipotesis yang berbunyi “Layanan penguasaan konten dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas X 2 SMA Nasional Pati Tahun Pelajaran 2012/2013” diterima karena teruji kebenarannya. Saran: 1. Bagi Kepala Sekolah, Menyediakan sarana dan prasarana atau fasilitas yang menunjang agar program BK berjalan dengan baik. 2. Bagi Konselor, Membantu siswa dalam mengubah sikap dan perbuatan menggunakan layanan penguasaan konten. 3. Bagi Wali Kelas, Wali Kelas seharusnya lebih peka terhadap kondisi percaya diri siswa yang rendah sehingga memberikan dorongan ataupun perhatian bagi anak yang rendah percaya dirinya agar menjadi lebih percaya diri. 4. Bagi Siswa, Siswa lebih aktif dan memanfaatkan dengan adanya layanan penguasaan konten dapat mengembangkan kemampuan, sikap, dan perbuatan kearah yang lebih baik. 5. Bagi Peneliti berikutnya, Penelitian yang dilakukan Peneliti mengenai percaya diri dengan melakukan layanan penguasaan konten lebih ditingkatkan lagi dalam metode pembelajarannya lebih menarik. .

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2014 02:32
Last Modified: 28 Feb 2014 02:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item