UPAYA MENINGKATKAN KETAATAN TATA TERTIB KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VIII A MTs. MATHOLIUL FALAH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Muazzis, Khoirul (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETAATAN TATA TERTIB KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VIII A MTs. MATHOLIUL FALAH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (323kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB__V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (25kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Muazzis, Khoirul. 2013. “Upaya Meningkatkan Ketaatan Tata Tertib Kelas Melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd., (II) Drs. Arista Kiswantoro. Kata-kata kunci : Ketaatan Tata Tertib Kelas, Bimbingan Kelompok Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan masih ada siswa yang mengalami kurangnya ketaatan tata tertib kelas sehingga diperlukan upaya bantuan layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan ketaatan tata tertib kelas pada siswa kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan ketaatan terhadap tata tertib kelas sebelum dan sesudah melaksanakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014 dan Mengetahui peningkatan ketaatan tata tertib kelas pada siswa kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap teori layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan ketaatan tata tertib kelas. 2. Kegunaan praktis 1) Bagi Siswa Siswa dapat meningkatkan ketaatan tata tertib kelas dengan memanfaatkan dinamika kelompok melalui layanan bimbingan kelompok. 2) Guru BK dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk dijadikan sebagai salah satu pedoman dalam upaya untuk mengembangkan program bimbingan dan konseling di sekolah. Dan membantu meningkatkan ketaatan tata tertib kelas melalui bimbingan kelompok. 3) Hasil penelitian dapat dijadikan pedoman kebijakan dalam rangka peningkatan program pendidikan di sekolah, khususnya peningkatan program bimbingan dan konseling. Hipotesis penelitian ini adalah : “Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Ketaatan Tata Tertib Kelas Siswa Kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun 2013/2014”. Penelitian ini termasuk PTK BK. Penelitian ini dilakukan di, di MTs. Matholiul Falah yang beralamat di Jl. Kudus Gembong Pati KM.07 Kandangmas Dawe Kudus. Kelas VIII A ini berjumlah 25 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Subyek Penelitian ini adalah 8 siswa yang ketaatan tata tertib kelasnya kurang diantara siswa kelas VIII A tahun pelajaran 2013/2014. Variabel penelitian : Bimbingan kelompok (variabel bebas) dan ketaatan tata tertib kelas (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa pra tindakan ketaatan tata tertib kelas siswa kurang dengan hasil kategori kurang (25%) 2 siswa, kurang (62,5%) 3 siswa, dan kurang (32,5%) 2 siswa dan kurang (35%) 1 siswa, dengan rata-rata 11,6 (29%) kurang. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I ketaatan tata tertib kelas siswa meningkat, dengan kategori kurang (42,5%) 2 siswa, sedang (45%) 2 siswa, sedang (47,5%) 2 siswa, sedang (50%) 1 siswa dan sdang (52,5%) 1 siswa, dengan rata-rata 18,6 (46,5%) sedang. Siklus II terjadi peningkatan lagi, dengan hasil kategori baik (70%) 2 siswa, baik (75%) 3 siswa, baik (77,5%) 1 siswa, sangat baik (80%) 1 siswa dan sangat baik (85%) 1 siswa, dengan rata-rata 30,3 (75,9%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan ketaatan tata tertib kelas pada siswa kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil dan penelitian disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan ketaatan tata tertib kelas siswa kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus tahun 2013/2014 karena teruji kebenarannya sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75.9%. Hal ini terbukti bahwa ketaatan tata tertib kelas siswa, kelas VIII A MTs. Matholiul Falah Dawe Kudus hasil pada pra tindakan sebesar 8 siswa kategori kurang. Siklus I ketaatan tata tertib kelas siswa meningkat dengan kategori kurang 2 siswa dan kategori sedang 6 siswa . Siklus II ketaatan tata tertib kelas siswa meningkat lagi dengan kategori baik 6 siswa dan kategori sangat baik 2 siswa. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Siswa, diharapkan mampu mempertahankan ketaatan tarhadap tata tertib kelas. 2. Guru pembimbing, hendaknya melakukan pengawasan yang baik terhadap siswa dengan melakukan beberapa layanan seperti bimbingan kelompok. 3. Kepala sekolah, hendaknya memberikan jam BK kepada kelas VIII agar program BK dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2014 02:59
Last Modified: 28 Feb 2014 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item