UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAMELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X SMA KERAMAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Yabidi, Ahmad (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAMELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X SMA KERAMAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (578kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB__I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB__II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB__III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB__IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB__V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB__VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

AhamdYabidi, 2013. UpayaMeningkatkanKeterampilanMenulisParagrafDeskripsi Mata PelajaranBahasa Indonesia MelaluiLayananPenguasaanKontenpadaSiswaKelas X SMA Keramat Kudus TahunPelajaran2011/2012,Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pembimbing I: Drs. Masturi,MM.,Pembimbing II: Dra. Sumarwiyah,M.Pd.Kons. Kata kunci: Menulis Paragraf Deskripsi,Penguasaan Konten. LatarbelakangketerampilanmenulisparagrafdeskripsiataupenggambaranobjeksecaralangsungmerupakansalahsatumateripembelajaranBahasa Indonesia siswakelas X yang perluditingkatkankemampuannya, karena dengan menulis siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan atau pendapat, mengembangkan daya pikir dan kreativitasnya.Kegiatan menulis iniakan tercapai jikapenulismenyajikannyadenganjujur, jelas, singkatdanmenyenangkanpembaca. Olehkarenaitupembelajaranmenulisparagrafdeskripsipadasiswa, penguasaankontendapatdijadikansebagailayananuntukmeningkatkanketerampilanmenulisparagrafdeskripsmatapelajaranBahasa Indonesia Siswakelas X SMA Keramat Kudus Tahunpelajaran 2011/2012 Berdasarkanlatarbelakangtersebutmakapermasalahandirumuskansebagaiberikut: “apakahlayananpenguasaankontendapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsipadasiswapadasiswakelas X SMA Keramat Kudus TahunPelajaran 2011/2012?”. Tujuanpenelitian yang ingindicapaiadalah 1) mendeskripsikanpeningkatanmenulisparagrafdeskripsisebelumdansesudahmendapatkanlayananpenguasaankonten, dan 2) mendeskripsikanpeningkatanketerampilanmenulisparagrafdeskripsisetelahmendapatkanlayananpenguasaankonten. Kegunaanpenelitianinidiharapkanmampumampumemberikansumbanganpemikirandalammemperbaikimutupendidikandanmenambahkhasanahpengembanganpengetahuan. TeoriinimengungkaptentangketerampilanmenulisparagrafdeskripsimatapelajaranBahasa Indonesia padasiswakelas X SMA Keramat Kudus TahunPelajaran 2011/2012. Paragrafdeskripsimeruapakanparagraf yang melukiskansuatuobjeksehinggapembacaseolah-olahmelihat, mendengar, danmerasakanhal-hal yang ditulispengarang.Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu untuk menguasai kemampuan dan kompetensi tertentu melalui proses belajar. Dengandemikiansebagaihipotesistindakandalampenelitianiniadalah“melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi matapelajaranBahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Keramat Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jenispenelitian yang dilakukanadalahpenelitiantindakankelasbimbingandankonselingdengansubjekpenelitiansiswakelas X. Tempatpenelitian SMA Keramat Kudus daritanggal 24 Mei 2012 sampaidengan 9 Juni 2012 melaluidua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontesyaitu berupa data perilaku siswa yang berasaldari hasil observasi, jurnal siswa, wawancara, dandokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini mengkajitentangketerampilanmenulisparagrafdeskripsimelaluilayananpenguasaankontenpadasiswakelas X SMA Keramat Kudus TahunPelajaran 2011/2012.Nilai rata-rata kelaspadasiklus I 63,5% kategoricukup, padasiklus II naik 23% menjadi 86,5% kategorisangatbaik. Hasilpenelitianjugamenunjukkanperbaikanpadaaktivitasatautingkah laku siswa, di manahasilobservasipadasiklus I menunjukkannilaisebesar 63,5% ataudengankategoricukupsedangkanpadasiklus II terjadipeningkatannilaimenjadi 92,25% dengankategorisangatbaikataunaik 28,75%. Simpulandijelaskanbahwasetelahdiberikanlayananpenguasaankontenterjadiperubahanpositifpadaperilakusiswa. Perubahanperilakuiniterjadikarenasiswatertarikterhadappembelajaranmenulisparagrafdeskripsimelaluilayananpenguasaankonten. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada kepalasekolah, guru Bahasa Indonesia, guru pembimbing, hendaknyamelakukanpendekatandenganberbagaivariasipembelajaran, salahsatunyamelaluilayananpenguasaankonten, di manalayananpenguasaankonteninimampumenumbuhkanminatdanketertarikanuntukbelajarsiswakelas X SMA Keramat Kudus dandapatmembantusiswa yang mengalamihambatanbelajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing:Drs.Masturi,MM
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Mar 2014 03:27
Last Modified: 27 Mar 2014 03:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item