MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DENGAN SENI MELIPAT KERTAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TUGAS KELAS B TK MASEHI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rusmiati, - (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DENGAN SENI MELIPAT KERTAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TUGAS KELAS B TK MASEHI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (584kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstrak

Rusmiati, NIM 2009 31 012 “Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Seni Melipat Kertas melalui Bimbingan Kelompok Tugas Kelas B TK Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.” Dosen Pembimbing (i) Dr. Sukiman, M.Pd, (ii) Dra. Hj. Sutarti, S.E., M.M. Kata Kunci: Kreativitas Anak, Seni Melipat Kertas, dan Bimbingan Kelompok Anak-anak di TK B Masehi Kudus, dihadapkan pada permasalahan yaitu masih rendahnya tingkat kreativitas anak dalam seni melipat kertas. Hal ini terbukti anak masih memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi kepada orang tua ketika guru memberikan tugas-tugas. Anak masih banyak yang meminta supaya tugas-tugas itu dibuatkan oleh orang tuanya. Keadaan ini perlu dicarikan solusi salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis kemukakan rumusan permasalahan: “Apakah layanan bimbingan kelompok tugas dapat meningkatkan kreativitas anak dalam seni melipat kertas di kelas B TK Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?” Tujuan penelitian ini adalah: 1. dideskripsikan efektifitas layanan bimbingan kelompok tugas di kelas B TK Masehi Kudus tahun pelajaran 2012/2013. 2. mendeskripsikan kemampuan dan kreativitas anak dalam keterampilan seni melipat kertas di kelas B TK Masehi Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Manfaat penelitian ini adalah manfaat teoritis dan praktis. 1. Manfaat teoritis: a. memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling, lebih khusus wawasan ini menyangkut tentang bimbingan kelompok dan kreativitas anak TK dalam seni melipat; b. menambah khasanah pustaka penelitian dan bahan masukan bagi penelitian sejenis. 2. Manfaat praktis: a. menambah wawasan guru dalam meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak dalam seni melipat kertas melalui layanan bimbingan kelompok tugas di kelas B TK Masehi Kudus; b. membantu siswa-siswi kelas B TK Masehi Kudus dalam meningkatkan kreativitas melalui seni melipat kertas. Kajian pustaka dalam penelitian ini mencakup: kreativitas anak, seni melipat kertas, dan bimbingan kelompok tugas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Pemberian layanan bimbingan kelompok berbantuan seni melipat kertas dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas B TK Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.” Metode penelitian terdiri dari: setting penelitian ini di kelas B TK Masehi Kudus. Subyek penelitian siswa kelas B TK Masehi Kudus yang berjumlah 8 laki-laki 10 perempuan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu: variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah kreativitas siswa dalam seni melipat kertas. Variabel terikatnya adalah layanan bimbingan kelompok siswa kelas B TK Masehi Kudus Tahun 2012/2013. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas menggunakan siklus berkelanjutan yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, menghimpun dokumenter, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Pembahasan dan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Hasil pengamatan menunjukkan adanya peningkatan mulai pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Kondisi pra siklus kebanyakan siswa mendapatkan nilai dalam ketegori kurang, Siklus I berubah menjadi cukup, dan bagus. Pada Siklus II meningkat menjadi bagus dan sangat bagus. 2. Hasil penilaian formatif menunjukkan adanya peningkatan dari masing-masing siklus. Pada kondisi awal rata-rata yang dicapai siswa kelas B TK Masehi Kudus 38,89, Siklus I = 78,38, dan siklus II sebesar 81. Kenaikan rata-rata nilai dari pra Siklus dengan Siklus I sebesar 39,49 atau 38,89 menjadi 78, 38. Sedangkan dari Siklus I ke Siklus II meningkat menjadi 81 atau naik sebesar 2,62. Hasil persentase tingkat ketuntasan siswa dalam seni melipat kertas dari mulai Pra Siklus sebesar 69,77%, dan Siklus I sebesar 72,22% sedangkan Siklus II 100%, melebihi kriteria ketuntasan yang ditentukan yakni 85%. Kenaikan tingkat ketuntasan dari pra siklus ke Siklus I sebesar 2,45 yaitu dari 69,77 ke 72,22, sedangkan Siklus I ke Siklus II naik 27,78% yaitu dari Siklus I= 72, 22% naik menjadi 100%. Atas dasar pembahasan dan analisis data tersebut menunjukkan layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas B TK Masehi Kudus dalam seni melipat kertas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1. Hasil pengamatan kualitas pembelajaran baik guru maupun siswa dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam seni melipat kertas mulai dari kondisi awal, pada siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal kualitas pembelajaran masih sangat rendah, pada siklus I kualitas pembelajaran agak meningkat dan siklus II menjadi lebih meningkat. 2. Hasil penilaian formatif dari tiap-tiap siklus terdapat kenaikan yang signifikan mulai dari kondisi awal nilai rata-rata 38,89 naik menjadi 78,38% pada siklus I dan pada Siklus II naik menjadi 81. Ini berarti dari pra Siklus naik 39,49. Sedangkan siklus I ke siklus II nilai rata-ratanya naik sebesar 2,62. Tingkat ketuntasan pada kondisi awal baru 69,77%, naik menjadi 72,22%, pada siklus I dan pada siklus II menjadi 100% atau naik sebesar 27,78%. Ini berarti layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kreativitas seni melipat kertas siswa kelas B TK Masehi Kudus. Dengan hasil tersebut maka hipotesis yang berbunyi “Pemberian layanan bimbingan kelompok tugas dapat meningkatkan kreativitas seni melipat kertas kelas B TK Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013,” diterima karena terbukti melalui PTK siswa mengalami peningkatan hasil belajarnya mulai dari Pra Siklus, Siklus I dan II. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada kepala sekolah, guru, siswa TK Masehi Kudus agar memberikan layanan bimbingan kelompok karena dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak dalam seni melipat kertas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sukiman
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2014 02:29
Last Modified: 01 Mar 2014 02:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item