Pengaruh model pembelajaran problem-based learning Berbantuan aplikasi bangun rumath terhadap Kemampuan komunikasi matematis siswa materi bangun Ruang

KURNIAWAN, MARSA IRFAN (2024) Pengaruh model pembelajaran problem-based learning Berbantuan aplikasi bangun rumath terhadap Kemampuan komunikasi matematis siswa materi bangun Ruang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis adalah salah salah satu kemampuan yang wajib di miliki oleh seorang siswa. Akan tetapi, kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia masih sangatlah rendah dan hal tersebut dibuktikan dari hasil studi pendahuluan pada kelas VIII C dan VIII D SMP 2 Gebog yang memperoleh rata-rata sebesar 43 dengan kriteria baru berkembang. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) menguji rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran prolem-based learning berbantuan aplikasi Bangun Rumath dengan yang diajarkan metode ceramah, (2) menguji peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem-based learning berbantuan aplikasi Bangun Rumath, dan (3) menguji rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem-based learning berbantuan aplikasi Bangun Rumath dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 2 Gebog semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII C dan VIII D SMP 2 Gebog dengan sampel 64 siswa. Adapun teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk mendapatkan instrumen test yang baik data yang digunakan diujikan menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas, daya beda, dan indeks kesukaran. Analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji mann whitney-U dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan, (1) tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem-based learning dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem-based learning dikelas eksperimen masuk kedalam kriteria sedang. (3) Rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem-based learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. Model PBL berbantuan aplikasi BANGUN RUMATH dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan komunikasi matematis, dan memahami kegunaan materi yang mereka pelajari kedalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Sumaji, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi Bangun Rumath, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Problem-Based Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Feb 2025 19:06
Last Modified: 06 Feb 2025 19:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item View Item