FIRDAUS, MUHAMMAD ROYYAN (2024) Analisis tegangan dan faktor keamanan Pada test crash rim cast wheel sepeda Motor honda scoopy 2018 menggunakan Software ansys student 23.0 r2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tegangan dan deformasi serta pada test crash rim cast wheel sepeda motor Honda Scoopy 2018 dengan menggunakan software Ansys Student 23.0 R2. Melalui simulasi, penelitian ini mengevaluasi distribusi tegangan yang terjadi pada rim cast wheel dalam kondisi tertentu. Metode yang digunakan meliputi pemodelan geometris rim, penerapan beban sesuai dengan kondisi operasional sepeda motor, serta optimasi model untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan rim. Untuk memudahkan proses desain dan pengujian, digunakan mathematical software yang berbasis finite element method untuk menganalisa struktur motor cycle cast wheel. Pada penelitian ini telah didapatkan tegangan maksimum yang terjadi pada cast wheel wheel standart scoopy 2018 pada posisi 1 mendapatkan nilai deformasi maksimum 9,9017e-5, nilai Von Mises stress maksimum 8,59e7. Nilai hasil analisis rim cast wheel variasi 1 pada posisi 1 mendapatkan nilai deformasi maksimum 0,00016703, nilai Von Mises stress maksimum 8,6663e7. Nilai hasil analisis rim cast wheel variasi 2 pada posisi 1 mendapatkan nilai deformasi maksimum 6,9953e-5, nilai Von Mises stress maksimum 5,9124e7. Nilai hasil analisis rim cast wheel variasi 3 pada posisi 1 mendapatkan nilai deformasi maksimum 9,5593e-5, nilai Von Mises stress maksimum 7,8647e7. Semua rim cast wheel adalah desain yang dapat mewakili desain terbaik dengan prinsipal efisiensi produktivitas produk, karena dapat nilai estetika dan aspek keselamatan bagi konsumen.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Rochmad Winarso, S.T. M.T. Dosen Pembimbing: 2. Qomaruddin, S.T., M. T. |
Kata Kunci: | Rim, Test Crash, Cast Wheel, FEA, Statis, Ansys. |
Subjects: | Teknologi > Teknik mesin dan mekanik > Mekanika yang diterapkan pada mesin. Dinamika mesin Teknologi > Teknik mesin dan mekanik |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:13 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:13 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
