Wibowo, Anggara (2024) Analisis kekuatan tubular chassis electric vehicle menggunakan metode elemen hingga. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Chassis adalah salah satu komponen utama yang memberikan integritas struktural dan stabilitas kendaraan dalam berbagai kondisi pengoperasian. Chassis yang umum digunakan menggunakan profil tabung bulat, karena mampu menahan beban dan mengalami deformasi secara merata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tegangan, defleksi, dan faktor keamanan pada tubular chassis electric vehicle. Spesifikasi material rangka chassis electric vehicle adalah ASTM A53 yang memiliki tegangan luluh 241 MPa. Simulasi statis stress analysis menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2022 dengan metode elemen hingga untuk mengidentifikasi lokasi titik terlemah pada konstruksi tubular chassis electric vehicle saat menerima pembebanan. Penelitian menunjukkan titik terlemah pada kerangka tubular chassis electric vehicle ada pada pembebanan bagian tengah. Bagian ini mengalami tegangan yang tinggi mengingat adanya kombinasi beban yang cukup besar. Dalam simulasi statis stress analysis yang telah dilakukan didapati tegangan von mises maksimum 354,6 MPa, dengan displacement sebesar 9,881 mm, dan faktor keamanan 0,68. Tegangan prinsipal maksimum mendapat -3,9 MPa dan tegangan prinsipal minimum mendapat -393,4 MPa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Taufiq Hidayat, S.T., M.T. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Rochmad Winarso, S.T., M.T. |
Kata Kunci: | tubular chassis, metode elemen hingga, von mises stress, defleksi, faktor keamanan. |
Subjects: | Teknologi > Teknik mesin dan mekanik > Mekanika yang diterapkan pada mesin. Dinamika mesin Teknologi > Teknik mesin dan mekanik |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:17 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
