Analisis kekuatan tubular chassis electric vehicle menggunakan metode elemen hingga

Wibowo, Anggara (2024) Analisis kekuatan tubular chassis electric vehicle menggunakan metode elemen hingga. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Chassis adalah salah satu komponen utama yang memberikan integritas struktural dan stabilitas kendaraan dalam berbagai kondisi pengoperasian. Chassis yang umum digunakan menggunakan profil tabung bulat, karena mampu menahan beban dan mengalami deformasi secara merata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tegangan, defleksi, dan faktor keamanan pada tubular chassis electric vehicle. Spesifikasi material rangka chassis electric vehicle adalah ASTM A53 yang memiliki tegangan luluh 241 MPa. Simulasi statis stress analysis menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2022 dengan metode elemen hingga untuk mengidentifikasi lokasi titik terlemah pada konstruksi tubular chassis electric vehicle saat menerima pembebanan. Penelitian menunjukkan titik terlemah pada kerangka tubular chassis electric vehicle ada pada pembebanan bagian tengah. Bagian ini mengalami tegangan yang tinggi mengingat adanya kombinasi beban yang cukup besar. Dalam simulasi statis stress analysis yang telah dilakukan didapati tegangan von mises maksimum 354,6 MPa, dengan displacement sebesar 9,881 mm, dan faktor keamanan 0,68. Tegangan prinsipal maksimum mendapat -3,9 MPa dan tegangan prinsipal minimum mendapat -393,4 MPa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Taufiq Hidayat, S.T., M.T. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Rochmad Winarso, S.T., M.T.
Kata Kunci: tubular chassis, metode elemen hingga, von mises stress, defleksi, faktor keamanan.
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik > Mekanika yang diterapkan pada mesin. Dinamika mesin
Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:17
Last Modified: 27 Feb 2025 03:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22926

Actions (login required)

View Item View Item