UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMK ASSA’IDIYYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ardayani, Iva Puji (2013) UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMK ASSA’IDIYYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (103kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Ardayani, Iva Puji. 2013. Upaya Meningkatkan Penyesuaian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X SMK Assa’idiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.Skripsi.Pendidikan Bimbingan dan KonselingFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.Pembimbing: (i) Drs. Sunardi.(ii) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. Kata Kunci :Penyesuaian diri, bimbingan kelompok Latar belakang dalam permasalahan ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SMK Assa’idiyyah Kudus, siswa memiliki penyesuaian diri rendah. Rendahnya penyesuaian diri disebabkan oleh ketergantungan siswamasih rendah dalam hal kerjasama dengan orang lain, kurang rasa saling menghargai terhadap teman, siswa kurang menjalin keakraban dengan temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Assa’idiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini: 1. Diperolehnya peningkatan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Assa’idiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? 2. Mendeskripsikan penyesauain diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMK Assa’idiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini:1. Keguanaan Teoritis: Memberikan masukan untuk mengembangakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya dalam konteks pengembangan penyesuaian diri siswa.2. Kegunaan Praktis: dalam penelitian ini kegunaan secara praktis sebagai berikut: 1. Bagi Guru BK, digunakan sebagai dasar acuan oleh konselor untuk membantu memberikan bantuan siswa yang mengalami penyesuaian diri rendah. 2. Bagi Kepala Sekolah, digunakan sebagai dasar kebijakan penentuan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.3. Bagi Siswasebagai acuan terhadap siswa dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan sekolah, teman sebaya dan masyarakat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Assa’idiyyah Kudus yang sebanyak 8 siswa yang mempunyai penyesuaian diri rendah berdasarkan hasil wawncara dan observasi.Peneliti ini menggunakan variabel bebas (X) yaitu layanan bimbingan kelompok dan variabel terikat (Y) adalah penyesuaian diri. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara.Analisis data menggunakan deskriftif komparatif.Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan.Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan, pra siklus diperoleh rata-rata 28,4%. Dan pada siklus Imemperoleh rata-rata 57,5%. Sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 84% yang semula memperoleh 57,5% pada siklus I, meningkat menjadi 26,5%. Hal ini ditandai seperti : mengenal penyesuaian diri, meghargai orang lain, tanggung jawab dan kerjasama, etika bergaul dnegan teman, dan bergaul dengan teman yang baik. Kesimpulan dijelaskan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri kelas X SMK Assa’idiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti berdasarkan hasil observasi pra tindakan menunjukkan ada 2 siswa dengan kategori cukup dan 6 siswa yang kategori kurang tingkat penyesuaian diri dalam hal memahami diri sendiri maupun orang lain,tanggung jawab dan kerjasama, etika bergaul dnegan teman, dan bergaul dengan teman yang baik.Pada siklus I menunjukkan peningkatan dari 6 siswa dengan kategori kurang menjadi kategori cukup dari 8 siswa.pada siklus II menunjukkan peningkatan menjadi 8 siswa dengan kategori baik. Saran yang diberikan(1) Kepala sekolah, hendaknya memberikan jam BK agar program BK dapat terlaksana, khususnya dalam layanan bimbingan kelompok, (2) Konselor, konselor supaya membantu siswa dalam mengubah perilaku menjadi positif menggunakan bimbingan kelompok untuk mengatasai masalah yang lain supaya siswa dapat memahami dan mengentaskan masalah yang dihadapi oleh siswa, (3) Kepada siswa, memberikan saran kepada siswa supaya dengan layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yang disekolah, siswa dapat memanfaatkan untuk mnegmabnagkan dirinya sehingg a siswa dapat menyesuaiakan dirinya dengan baik

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing:Drs.Sunardi
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Mar 2014 03:19
Last Modified: 27 Mar 2014 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2294

Actions (login required)

View Item View Item