Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan Siswa Kelas IV SD N 2 Bakalan Krapyak Tahun 2012/2013

Rahayu, Puri Dwi (2013) Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan Siswa Kelas IV SD N 2 Bakalan Krapyak Tahun 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (150kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (53kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (403kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (94kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (35kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (40kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (40kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Rahayu, Puri Dwi. 2013. Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan Siswa Kelas IV SD N 2 Bakalan Krapyak Tahun 2012/2013. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Drs. Masturi, MM (2) Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPA. Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional dengan menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 2 Bakalan Krapyak. Hasil belajar siswa masih rendah. Dari 21 siswa yang mencapai KKM (67) hanya 9 siswa (42,8%) sedangkan 12 siswa (57,2%) belum mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD N 2 Bakalan Krapyak tahun 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan diterapkannya metode eksperimen di SD N 2 Bakalan Krapyak tahun pelajaran 2012/2013. Manfaat teoritis penelitian ini yaitu dapat menambah pemahaman terhadap metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Sedangkan manfaat praktisnya yaitu bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti. Hasil belajar IPA merupakan hasil yang dicapai siswa yang mengakibatkan perubahan dalam kemampuan kognitif, kemampuan afektif, dan kemampuan psikomotorik. Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Proses pembelajaran dilakukan dengan eksperimen, di mana siswa membuktikan sendiri teori yang dipelajari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Bakalan Krapyak tahun 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 2 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian adalah 21 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hail belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang cukup signifikan antara kondisi awal (42,8%), siklus I (71,42%), dan siklus II (100%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 79,3% (baik) menjadi 86,8% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan skor rata-rata siklus I 68,8% (baik) menjadi 76,3% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak. Untuk itu disarankan beberapa hal (1) guru dapat menerapkan metode eksperimen sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang optimal, (2) siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen, (3) peneliti selanjutnya harus melakukan persiapan yang matang, (4) sekolah memberikan fasilitas kepada guru untuk mengembangkan metode pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, MM Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPA.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 03:32
Last Modified: 06 Mar 2014 03:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item