Peningkatkan Hasil Belajar MatematikaMelalui Model Student Teams Achievement Division Kelas IV Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus SD N Tamansari 02. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus

Irawati, Purna (2013) Peningkatkan Hasil Belajar MatematikaMelalui Model Student Teams Achievement Division Kelas IV Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus SD N Tamansari 02. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (414Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (134Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (153Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (229Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (389Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (98Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (41Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (51Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3119Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Irawati, Purna. Peningkatkan Hasil Belajar MatematikaMelalui Model Student Teams Achievement Division Kelas IV Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus SD N Tamansari 02. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing. (I): Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Pembimbing (II): Sumaji, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Hasil belajar matematika, model Student Teams Achievement Division, jaring-jaring balok dan kubus. Salah satu permasalahan yang di alami oleh siswa kelas IV SD Tamansari 02 dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar yang ditunjukkan adanya 52,35% siswa belum tuntas. Pembelajaran masih berpusat pada guru cenderung menegangkan dan tidak menarik. Dari permasalahan tersebut maka diadakan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Tamansari 02 Pati melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi jaring-jaring balok dan kubus di SD N Tamansari 02 Pati. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division merupakan model kelompok dengan langkah-langkah kegiatan mengajar (menyampaikan pelajaran), belajar tim (siswa bekerja pada lembar kegiatan), tes (siswa mengerjakan kuis soal individu), dan rekognisi tim (skor tim dihitung berdasarkan skor kemajuan). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas IV pada SD N Tamansar 02 Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati tahun 2012/ 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu: 1) analisis data kuantitaif dan, 2) analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran matematika melalui model Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar, ketrampilan guru, dan aktivitas siswa . Siklus I rata-rata hasil belajar 71,67 dengan ketuntasan klasikal 76,19% siklus II rata-rata 84,90 dengan ketuntasan klasikal 85,71%,ketrampilan guru siklus I rata-rata 72,5% dengan kualifikasi baik, siklus II 78% dengan kualifikasi baik. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa siklus I memperoleh 79,5% dengan kualifikasi baik, siklus II 90,95% dengan kualifikasi baik. Hasil secara keseluruhan ketrampilan guru dan aktivitas siswa sudah baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah Pembelajaran dengan model STAD perlu dilaksanakan dalam pembelajaran matematika di kelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Sumaji, S.Pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil belajar matematika, model Student Teams Achievement Division, jaring-jaring balok dan kubus.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 10:40
                    Last Modified: 06 Mar 2014 10:40
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2353

                    Actions (login required)

                    View Item