Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 7 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Wiharti , Ningsih (2013) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 7 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (174kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Wiharti Ningsih, Ida. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 7 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Moh. Kanzunnudin, M. Pd (ii) Sumaji, S.Pd, M. Pd. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, hasil belajar matematika. Masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini yaitu kurangnya keaktifan belajar siswa sehingga mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa. Dalam penyampaian materi guru menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini yaitu apakah model Pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 7 Klumpit Tahun pelajaran 2012/2013 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SD 7 Klumpit tahun 2012/ 2013. Kegunaan penelitian secara teoritis dapat menambah pemahaman guru terhadap model pembelajaran Numbered Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SD 7 Klumpit tahun 2012/2013. Model pembelajaran Numbered Heads Together adalah suatu model pembelajaran yang menitik beratkan pada keaktifan siswa untuk memahami materi pembelajaran yag didapatkannya serta dapat mempresentasikannya di depan kelas. Hasil belajar matematika adalah hasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar mata pelajaran matematika yang meliputi pengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspek afektif), dan ketrampilan (aspek psikomotor) yang dinyatakan dalam bentuk nilai. Kerangka berpikir penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa rendah. Hipotesis penelitian yang peneliti ajukan adalah model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V semester II tahun 2012/2013 SD 7 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan pelaksanaan PTK terdapat empat tahap mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan /observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen tes penelitian ini meliputi soal tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar diambil dari kemampuan kognitif siswa dalam memecahkan masalah dianalisis dengan cara menghitung rata-rata nilai dan ketuntasan belajar secara klasikal. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal itu dapat dilihat dari hasil penelitian hasil belajar siswa dari prasiklus diperoleh rata-rata 61,25 dengan persentase sebesar 40% dalam kategori sedang. Pada siklus I diperoleh rata-rata 65,5 dengan persentase sebesar 60% dalam kategori tinggi. Pada siklus II diperoleh rata-rata 72 dengan persentase mencapai 90% dalam kategori sangat tinggi sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus II. Begitu juga pada aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Numbered Heads Together pada siklus I pertemuan ke 1 memperoleh persentase 45,8% kategori cukup dan pada pertemuan ke 2 memperoleh persentase 56,3% kategori masih cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan pertemuan ke 1 memperoleh persentase 72,5% kategori baik dan pada pertemuan ke 2 memperoleh persentase 79,2% kategori baik. Pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Numbered Heads Together juga mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan ke 1 memperoleh persentase 59% kategori cukup, dan pertemuan ke 2 memperoleh persentase 74% kategori baik, pada siklus II pertemuan ke 1 memperoleh persentase 81% kategori sangat baik, dan pertemuan ke 2 memperoleh persentase 92% kategori sangat baik. Penulis menyarankan bagi guru-guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya mengunakan model pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih paham dan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan. Penulis menyarankan bagi siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M. Pd Sumaji, S.Pd, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, hasil belajar matematika.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 03:47
Last Modified: 06 Mar 2014 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item