Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Solving Berbantuan CD Prembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN I Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara .

Hermawan, Fina (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Solving Berbantuan CD Prembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN I Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara . Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (10Mb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (1318Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (3755Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (3123Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1685Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (380Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
              Download (386Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (37Mb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Hermawan, Fina. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Solving Berbantuan CD Prembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN I Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara . Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. (2) Henry Suryo Bintoro, S. Pd. M.Pd. Kata-kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika, Problem Solving, CD Pembelajaran. Hasil belajar dan aktivitas siswa merupakan suatu masalah yang dialami siswa kelas V SDN I Guyangan, salah satu penyebabnya adalah guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, kurangnya contoh nyata dari guru dalam pembelajaran karena penggunaan media yang kurang optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa sebagai tindakan dalam mewujudkan kualitas pembelajaran. Perumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini yaitu apakah melalui model problem solving berbantuan CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar pada aspek aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru kelas V SDN I Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru kelas V SDN I Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara dalam menggunakan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes evaluasi, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kualitas pembelajaran dalam aspek aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe problem solving berbantuan CD pembelajaran pada siswa SDN I Guyangan. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari nilai 63% (siklus I), menjadi 80% (siklus II). Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 70% (siklus I) menjadi 93% (siklus II). Rata-rata keterampilan guru meningkat dari72% dengan kriteria baik (siklus I) menjadi 86% dengan kriteria sangat baik (siklus II). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada aspek aktivitas siswa dan hasil belajar siswa serta keterampilan mengajar guru kelas V SDN I Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya pembelajaran matematika yang masih konvensional diganti dengan model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran inovatif problem solving berbantuan CD pembelajaran tidak hanya digunakan dalam pembelajaran sifat-sifat bangun datar saja tetapi untuk semua pembelajaran di sekolah, karena model pembelajaran ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dalam aspek aktivitas siswa dan hasil belajar siswa serta keterampilan mengajar guru.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing: (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. (2) Henry Suryo Bintoro, S. Pd. M.Pd.
                  Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika, Problem Solving, CD Pembelajaran.
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                  Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                  Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 10:55
                  Last Modified: 06 Mar 2014 10:55
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2355

                  Actions (login required)

                  View Item