Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas V Sd 2 Tumpangkrasak Kudus.

Amaliya, Amrina (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas V Sd 2 Tumpangkrasak Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (227kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Amaliya, Amrina. 2013. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas V Sd 2 Tumpangkrasak Kudus. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (2) Ika Oktavianti, S.pd, M.Pd. Kata kunci: NHT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPS Hasil observasi yang dilakukan di SD 2 Tumpangkrasak didapatkan pembelajaran yang masih monoton dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar dan berdampak pada hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah motivasi siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran NHT pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus?, 2) Apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran NHT pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran NHT pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus. Adapun kegunaan dalam penelitian ini antara lain: sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya,dan menambah kajian tentang hasil penelitian pembelajaran IPS. Model Pembelajaran NHT sendiri merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dengan langkah pembelajarannya yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, diskusi masalah dan memanggil nomor siswa secara acak untuk maju. Sedangkan IPS merupakan mata pelajaran yang diberikan di sekolah dasar yang terintegrasi dari cabang ilmu sosial, dan materi yang akan diteliti adalah masa persiapan kemerdekaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar siswa meningkat dari skor rata-rata nilai 29,75 dengan persentase 74,375% (baik) pada siklus I menjadi 34,56 dengan persentase 86,4% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan nilai hasil belajar IPS pada materi masa persiapan kemerdekaan meningkat dengan cukup signifikan antara prasiklus (55%), siklus I (65%), dan siklus II (75%). Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model NHTdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS materi masa persiapan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus. Saran dalam penelitian ini diharapkan agar guru dapat menerapkan model NHT sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran IPS di kelas, dan untuk peneliti lain yang akan menerapkan model NHT dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat mengembangkan dan lebih inovatif lagi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (2) Ika Oktavianti, S.pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: NHT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 04:17
Last Modified: 06 Mar 2014 04:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item