Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas V Sd 2 Tumpangkrasak Kudus.

Amaliya, Amrina (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas V Sd 2 Tumpangkrasak Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (988Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (203Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (259Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (302Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (374Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (253Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (195Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (222Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Amaliya, Amrina. 2013. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas V Sd 2 Tumpangkrasak Kudus. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (2) Ika Oktavianti, S.pd, M.Pd. Kata kunci: NHT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPS Hasil observasi yang dilakukan di SD 2 Tumpangkrasak didapatkan pembelajaran yang masih monoton dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar dan berdampak pada hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah motivasi siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran NHT pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus?, 2) Apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran NHT pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran NHT pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus. Adapun kegunaan dalam penelitian ini antara lain: sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya,dan menambah kajian tentang hasil penelitian pembelajaran IPS. Model Pembelajaran NHT sendiri merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dengan langkah pembelajarannya yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, diskusi masalah dan memanggil nomor siswa secara acak untuk maju. Sedangkan IPS merupakan mata pelajaran yang diberikan di sekolah dasar yang terintegrasi dari cabang ilmu sosial, dan materi yang akan diteliti adalah masa persiapan kemerdekaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar siswa meningkat dari skor rata-rata nilai 29,75 dengan persentase 74,375% (baik) pada siklus I menjadi 34,56 dengan persentase 86,4% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan nilai hasil belajar IPS pada materi masa persiapan kemerdekaan meningkat dengan cukup signifikan antara prasiklus (55%), siklus I (65%), dan siklus II (75%). Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model NHTdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS materi masa persiapan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Tumpangkrasak Kudus. Saran dalam penelitian ini diharapkan agar guru dapat menerapkan model NHT sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran IPS di kelas, dan untuk peneliti lain yang akan menerapkan model NHT dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat mengembangkan dan lebih inovatif lagi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (2) Ika Oktavianti, S.pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: NHT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPS
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 11:17
                    Last Modified: 06 Mar 2014 11:17
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2360

                    Actions (login required)

                    View Item