PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN SEMESTER II SD JATIROTO 02 TAHUN 2012/2013

Retnowati, - (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN SEMESTER II SD JATIROTO 02 TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (960kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (975kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (196kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Retnowati.2013.Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education dalamMeningkatkanHasilBelajarMatematikaKelas IV padaMateriPecahan Semester II SD Jatiroto 02 TahunPelajaran 2012/2013.Skripsi.Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasKeguruan Dan IlmuPendidikanUniversitasMuria Kudus.Pembimbing: (i) Drs. Masturi, M.M.,(ii) EkaZuliana, S.Pd, M.Pd Kata-kata kunci: HasilBelajarMatematika, Pecahan, RME. Hasilbelajar yang rendahdan gurubelummengaitkanpembelajarandengankonteksnyatamerupakanpermasalahan yang di alamisiswakelasIV di SDJatiroto 02,hasilobservasi yang dilakukanpenelititerhadaphasilbelajarsiswa semester 1 menunjukkanbahwasebanyak 24,24% siswabelumtuntas.Berdasarkanpermasalahantersebutmakapenelitimerumuskanmasalahsebagaiberikut: Apakahdenganpenerapan model pembelajaranRealistic Mathematic Education dapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamateripecahanpadasiswakelas IV SD Jatiroto 02Tahun2012/2013?. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadenganpenerapan model pembelajaranRealistic Mathematics Education padamateripecahan di SD Negeri 02 Jatirototahun 2012/2013. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang difokuskanpadaupayapeningkatanhasilbelajarmatematikamateripecahanpadasiswakelas IV SD Jatiroto 02Tahun2012/2013. Jumlahsubjekdalampenelitianiniadalah 33 siswa yang terdiridari 17 laki-lakidan 16 perempuan.Analisis data dilakukandenganmenggunakanmetodeanalisiskualitatifdankuantitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:(1) Hasilbelajarmatematikasiswadinyatakantuntasdenganperolehanpersentasepadasiklus I sebanyak33,33% danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi84,84%, (2) Aktivitassiswadalampembelajaransecarabertahapjugamengalamipeningkatan yang baik, yaitudenganperolehanskor rata-ratasiklus I sebanyak2,13danmeningkatpadasiklusII menjadi3,12. (3) Aktivitaspengelolaanpenelitidalam proses pembelajarandapatmeningkatdengansangatbaik, yaitudenganperolehanskor rata-rata padasiklus I sebanyak2,25danmeningkatpadasiklus II menjadi 3,35. Makadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswameningkatsetelahdigunakannya model pembelajaranRealistic Mathematics Education dengandiperolehhasilbelajar yang melebihikriteriakeberhasilanbelajarsiswayaitusebesar75%. Melihatdari hasil penelitian,beberapa saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebagai berikut:(1)Bagisiswadiharapkanselaluaktif, berpendapatdalamberdiskusi, danmenanggapihasilpekerjaankelompoktemanya,(2) Bagi guruhendaknyamampumengaitkanpembelajarandenganpermasalahankontekstualuntukmeningkatkanmotivasisiswadalambelajar, (3) Bagipenelitianberikutnya, penelitidiharapkantidakhanyamenggunakanbenda-bendadisekitarsiswasajauntuk di jadikanpembelajarantetapijugabisamemanfaatkanlingkungansekitarsebagaisumberbelajar

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Masturi,M.M.
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,pgsd
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:13
Last Modified: 27 Mar 2014 03:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item