Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangandengan Menggunakan Media Gambar Seri Kelas V SDN 1 Gabus Kecamatan Gabus Kabupaten Pati

Saputro, Ragil (2013) Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangandengan Menggunakan Media Gambar Seri Kelas V SDN 1 Gabus Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (118kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (452kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (575kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (107kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Saputro, Ragil. 2013. MeningkatkanKeterampilanMenulisKarangandenganMenggunakan Media Gambar Seri Kelas V SDN 1 GabusKecamatanGabusKabupatenPati.Skripsi.Pendidikan Guru SekolahDasar, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, UniversitasMuria Kudus. Pembimbing: (1) Dr. Murtono, M. Pd. (2) YuniRatnasari, S.Si, M.Pd. Kata kunci: MenulisKarangan, HasilBelajarBahasa Indonesia, Media Gambar Seri. Hasilbelajardanaktivitassiswa yang rendahmerupakansuatumasalah yang dialamisiswakelas V SDN I Gabus, salahsatupenyebabnyaadalah guru dalampembelajaranmasihbelummenggunakan media yang menarik, kurangnyacontohnyatadari guru dalampembelajarankarenapenggunaan media yang kurang optimal.Berdasarkanpermasalahantersebutmakaperludiadakanperbaikandalammeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswadenganmenggunakan media gambarserisebagaitindakandalammewujudkankualitaspembelajaran. Perumusanmasalahpadapenelitiantindakankelasiniyaituapakahpenggunaan media gambarseridapatmeningkatkankualitaspembelajaranBahasa Indonesia padaaspekaktivitassiswa, hasilbelajarsiswa, danketerampilan guru dalammengelolapembelajaranmengarangpadasiswakelas V SDN I GabusKecamatanGabusKabupatenPatidapatmeningkat. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitassiswa, hasilbelajarsiswa, danketerampilanguru kelas V SDN I GabusKecamatanGabusKabupatenPatidalampembelajarandenganmenggunakan media gambarseri. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilakukanselama 2 siklus.Tiapsiklusterdiridari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjekpenelitian yang digunakanmeliputiseluruhsiswakelas V yang berjumlah 31 siswa.Instrumenpenelitian yang digunakanberupalembarobservasiaktivitassiswa, keterampilan guru, tesdandokumentasi. Selanjutnyauntukmenjagakeakuratanhasilpenelitianmaka data yang terkumpulkemudiandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatkankualitaspembelajarandalamaspekaktivitassiswa, hasilbelajarsiswa, danketerampilan guru dalampembelajaranmengarangberdasarkanpengalamansendirimelalui media pembelajaran media gambarseri. Rata-rata aktivitassiswameningkatdarinilai 63,41% (siklus I), menjadi 75,63% (siklus II). Rata-rata hasilbelajarsiswameningkatdari rata-rata 69,84% (siklus I) menjadi 80,6% (siklus II). Rata-rata keterampilan guru meningkat dari72,92% dengankriteriabaik (siklus I) menjadi 89,59% dengankriteriasangatbaik (siklus II). Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa media gambarseridapatmeningkatkankualitaspembelajaranpadaaspekaktivitassiswadanhasilbelajarsiswasertaketerampilan guru kelas V SDN I GabusKecamatanGabusKabupatenPatipembelajaranBahasa Indonesia yang masihmenggunakan media konvensionaldigantidengan media pembelajaran yang inovatif. Media pembelajaraninovatifmedia gambarseritidakhanyadigunakandalampembelajaranmengarangsajatetapiuntuksemuamateripelajarandanmatapelajaran di sekolah yang relevan, karena media pembelajaraninimampumeningkatkankualitaspembelajarandalamaspekaktivitassiswadanhasilbelajarsiswasertaketerampilan guru dalam proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (1) Dr. Murtono, M. Pd. (2) YuniRatnasari, S.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: MenulisKarangan, HasilBelajarBahasa Indonesia, Media Gambar Seri.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 06:47
Last Modified: 06 Mar 2014 06:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item