Peningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share Bagi Siswa Kelas IV SD 2 Jatiwetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.

Rochmawati, Vivi (2013) Peningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share Bagi Siswa Kelas IV SD 2 Jatiwetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (477kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (431kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (379kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (964kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (534kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (163kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Rochmawati, Vivi. 2013. Peningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share Bagi Siswa Kelas IV SD 2 Jatiwetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Skripsi. Pedidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing I : Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., Pembimbing II ; Ika Oktavianti, M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan ternyata di SD 2 Jatiwetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dalam pembelajaran mengutamakan pencapain hasil daripada pencapaian proses, sehingga menyebabkan pembelajaran yang monoton. Hal ini menjadikan siswa tidak menyukai mata pelajaran IPS. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Beranjak dari permasalahan inilah maka, peneliti dalam penelitian menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV. Model pembelajaran Cooperative Learning merupakan kelompok belajar kecil untuk menjawab permasalahan yang dihadapkan kepada siswa dan dapat meningkatkan kinerja siswa dalam tugas akademik, unggul dalam membantu siswa memahami konsep yang sulit dan hasil jawaban merupakan tanggung jawab bersama. Adapun dalam pembelajaran Cooperative Learning peneliti menerapkan tipe TPS yang menerapkan sebagai pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa agar terjadi variasi pola diskusi dalam kelas. Dalam diskusi ini terdiri atas tiga tahap yaitu (1) tahap think (berpikir) yang memberi kesempatan individu untuk memecahkan masalahnya; (2) tahap pair (berpasangan) yang menuntut siswa berpasangan dengan teman sebangku untuk mencocokkan hasil jawaban dalam diskusi; dan (3) tahap share (berbagi) yang menuntut siswa menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Siklus I dan II dilaksanakan dalam dua kali tindakan dengan masing-masing alokasi waktu 4x35 menit. Tahapan pelaksanaan PTK mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD 2 Jatiwetan tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu dalam bentuk tes pada setiap pertemuan, postest, lembar aktivitas guru dan siswa. Hasil pretest memperoleh rata-rata nilai 61,25 dengan perolehan persentase 50%. Ketika proses pembelajaran observer mengamati aktivitas belajar siswa dan guru. Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh persentase 76% dan siklus II 80% dengan kriteria sangat baik, terjadi peningkatan sebesar 4%. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase 77% dan siklus II persentase 82% terjadi peningkatan sebesar 5%. Hasil belajar siswa (postest) setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share siklus I diperoleh 73% dan siklus II diperoleh 82%, terjadi peningkatan nilai postest mulai siklus I sampai siklus II sebesar 9%. Berpijak dari hasil penelitian tersebut penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share meningkatkan hasil belajar siswa. Sejalan dengan hasil penelitian, maka penulis perlu mengajukan saran (1) guru kelas IV perlu mengembangkan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada mata pelajaran selain IPS tetapi juga guru kelas lainnya dapat menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada pembelajaran; dan (2) guru perlu menindaklanjuti siswa yang mendapat nilai di bawah KKM (65) karena belum bisa membaca.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., Pembimbing II ; Ika Oktavianti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 06:56
Last Modified: 06 Mar 2014 06:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item