Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Peer Lessons Pada Siswa Kelas V SD 1 Prambatan Lor Kudus Tahun pelajaran 2012/2013

Ulfa, Novia Maria (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Peer Lessons Pada Siswa Kelas V SD 1 Prambatan Lor Kudus Tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (BAB 1) - Accepted Version
Download (62kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (579kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (95kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (43kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Ulfa, Novia Maria. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Peer Lessons Pada Siswa Kelas V SD 1 Prambatan Lor Kudus Tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Sabar Rutoto, M. Pd, (II) Khamdun, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA , Peer Lessons IPA sering kali menjadi salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa, termasuk siswa SD 1 Prambatan Lor. Hal ini yang menyebabkan nilai siswa pada mata pelajaran IPA rendah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan guru hanya menggunakan metode konvensional yaitu lebih sering menggunakan ceramah dan kurang memberikan contoh nyata pada siswa. Siswa juga tidak terlibat aktif dalam pembelajaran, hal itu menyebabkan siswa merasa bosan dan kesulitan dalam memahaminya. Pengetahuan yang diterima juga kurang melekat kuat dalam pikiran mereka sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas, diperlukan strategi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal yaitu strategi Peer Lessons. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu “apakah penggunaan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor Kudus?”. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan strategi Peer Lessons pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Lor tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan tes hasil belajar, terdapat peningkatan hasil belajar siswa SD 1 Prambatan Lor dalam setiap siklus. Nilai rata-rata siklus I mencapai 73,9 dengan ketuntasan klasikal 70,8% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,8 dengan ketuntasan klasikal 91,6%, ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran Peer Lessons dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor. Sedangkan hasil pengamatan Keterampilan peneliti dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA juga terdapat peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 58% (masuk dala kualifikasi cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 77% (masuk dalam kualifikasi baik), sedangkan keterampilan peneliti pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 58% (masuk dalam kualifikasi cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 84% (masuk dalam kualifikasi baik). Hasil penelitian yang dicapai maka dapat disimpulkan bahwa hasil dapat meningkat dengan diterapkannya strategi pembelajaran Peer Lessons pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor. Peneliti menyarankan kepada (1) Siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran dan kerjasama untuk memecahkan suatu masalah dalam menyelesaikan tugas, tugas akan lebih mudah jika diselesaikan secara kelompok. (2) Guru dalam setiap pembelajaran hendaknya merencanakan pendekatan atau strategi terutama strategi Peer Lessons karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Kepala sekolah Sekolah hendaknya memberi himbauan dan dukungan terhadap guru agar menggunakan strategi pembelajaran aktif salah satunya strategi pembelajaran Peer Lessons. Dukungan tersebut bisa dalam bentuk penyediakan fasilitas dan penghargaan terhadap kreativitas guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. Sabar Rutoto, M. Pd, (II) Khamdun, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar IPA , Peer Lessons
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 06 Mar 2014 07:09
Last Modified: 06 Mar 2014 07:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item