Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media permainan monopoli materi koperasi pada siswa kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus tahun 2012/2013.

Kusmawati, Dina (2013) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media permainan monopoli materi koperasi pada siswa kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus tahun 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (713kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (368kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (489kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (650kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (474kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (247kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Kusmawati, Dina. 2013. Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media permainan monopoli materi koperasi pada siswa kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus tahun 2012/2013. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Drs.Sabar Rutoto, M.Pd (2) Ika Oktavianti,S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, permainan monopoli, hasil Belajar, koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional dengan menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 1 Ngembalrejo Kudus. Hasil belajar siswa masih rendah. Dari 13 siswa yang mencapai KKM (70) hanya 6 siswa (46,15%) sedangkan 7 siswa (53,84%) belum mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus tahun 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran contextual teaching and learning di SD 1 Ngembalrejo Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Hasi belajar IPS merupakan hasil yang dicapai siswa yang mengakibatkan perubahan dalam kemampuan kognitif, kemampuan afektif, dan kemmapuan psikomotorik. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah cara penyajian pelajaran di mana siswa mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Proses pembelajaran dilakukan dengan kenyataan yang ada dilingkungan sekitar, di mana siswa membuktikan sendiri materi yang dipelajari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus tahun 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus dengan subjek penelitian adalah 13 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hail belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS pada materi koperasi dalam mensejahterakan masyarakat yang cukup signifikan antara kondisi awal (46,15%), siklus I (76,92%), dan siklus II (92,30%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media permainan monopoli mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 83,07 (baik) menjadi 88,07 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan skor rata-rata siklus I 70% (baik) menjadi 74% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Ngembalrejo Kudus. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajarn contextual teaching and learning dengan media permainan monopoli sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (1) Drs.Sabar Rutoto, M.Pd (2) Ika Oktavianti,S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, permainan monopoli, hasil Belajar, koperasi dalam mensejahterakan masyarakat.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 08 Mar 2014 01:59
Last Modified: 08 Mar 2014 01:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item