Penggunaan Media CD Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit pada Siswa Kelas IV SD 6 Hadipolo.

Ajria, Naila Filahatin (2013) Penggunaan Media CD Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit pada Siswa Kelas IV SD 6 Hadipolo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (542kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (665kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (172kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Ajria, Naila Filahatin. 2013. Penggunaan Media CD Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit pada Siswa Kelas IV SD 6 Hadipolo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Dr. Sukiman, M.Pd., (2) Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd. Kata kunci: CD Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar IPA, Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Hasil survey TIMSS 2011, pendidikan sains di Indonesia masih tergolong rendah. IPA merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang melibatkan keterampilan berfikir dan keterampilan proses. Kenyataannya, proses pembelajaran IPA yang terjadi di kelas IV SD 6 Hadipolo masih bersifat konvensional. Siswa jarang dilibatkan secara langsung dalam aktivitas belajar serta guru belum menggunakan media dalam menunjang belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, terdapat permasalahan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA khususnya materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo 2011/2012. Nilai rata-rata siswa dalam materi tersebut masih di bawah KKM. Kondisi seperti ini memerlukan perhatian dari guru untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Guru harus menggunakan media-media pembelajaran yang dapat menunjang dan menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya dengan baik, salah satunya dengan menggunakan media CD pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah penggunaan media CD pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo. CD pembelajaran interaktif merupakan salah satu media audio visual yang digunakan dalam menyampaikan materi IPA dalam bentuk tampilan gambar, teks, animasi, suara, dan video. Hasil belajar IPA pada penelitian ini adalah kemampuan siswa yang akan ditingkatkan setelah belajar IPA, yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah penggunaan media CD pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Hadipolo dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa. Penelitian ini melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada siklus I, skor rata-rata aktivitas peneliti dalam pembelajaran IPA menggunakan media CD interaktif sebesar 2,74 dengan kriteria “baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 3,33 atau “sangat baik”. Hal ini memberikan peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I sebesar 2,39 atau “cukup baik” menjadi sebesar 3,06 pada siklus II dengan kriteria “baik”. Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini ditandai oleh peningkatan nilai rata-rata siswa berturut-turut dari prasiklus (61,9), siklus I (70,47), dan siklus II (78,57). Hasil ini juga diikuti oleh peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu dari prasiklus (38,1%), siklus I (71,4%), dan siklus II (85,7%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu diharapkan guru dapat menggunakan media CD pembelajaran interaktif sebagai strategi alternatif pemecahan masalah yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar IPA di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (1) Dr. Sukiman, M.Pd., (2) Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: CD Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar IPA, Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 08 Mar 2014 02:17
Last Modified: 08 Mar 2014 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item View Item