Peningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Siswa Kelas IV SD 1 Singocandi Kudus.

Isnawati, - (2013) Peningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Siswa Kelas IV SD 1 Singocandi Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (560Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (209Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (578Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1189Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (922Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (294Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (156Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (166Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (8Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Isnawati. 2013. Peningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Siswa Kelas IV SD 1 Singocandi Kudus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, snowball throwing. Hasil belajar yang rendah merupakan salah satu masalah yang di alami siswa kelas IV SD 1 Singocandi Kudus, observasi yang dilakukan terhadap hasil belajar IPA semester 1 menujukkan bahwa 21% siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPAmateri energi dan kegunaannya pada siswa kelas IV SD 1 Singocandi Kudus? (2) Sejauh manakah peningkatan hasil belajar IPA materi energi dan kegunaannya melalui model pembelajaran snowball throwingpada siswa kelas IV SD 1 Singocandi Kudus?. Tujuan penelitian ini ialah:(1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPAmateri energi dan kegunaannya pada siswa kelas IV SD 1 Singocandi Kudus (2) Menemukan peningkatan hasil belajar IPA materi energi dan kegunaannya melalui model pembelajaran snowball throwingpada siswa kelas IV SD 1 Singocandi Kudus?. Hasil belajar IPA merupakan perubahan yang mengakibatkan manusia berubah sikap dan tingkah lakunya dalam mata pelajaran IPA. Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang menekankan adanya kerjasama antar siswa dengan memberikan satu lembar kertas kepada setiap siswa. Kemudian setiap siswa membuat satu pertanyaan pada kertas tersebut dan meremasnya seperti bola. Selanjutnya pertanyaan tersebut dilempar kepada siswa lain untuk dijawab secara bergantian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model John Hopkins yang dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa, terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan reabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan peneliti dapat meningkat dengan baik, yaitu dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 2,7 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,1 dengan kategori baik. (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yang baik, yaitu dengan perolehan persentase pada siklus I sebesar 59% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 73% dengan kategori baik. (3)Sedangkan hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan perolehan persentase pada siklus I sebesar 57% dan 43% tidak tuntas dengan dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89% siswa yang tuntas dan 11% tidak tuntas. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Singocandi Kudus dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya model pembelajaran snowball throwing. Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah (1)Siswa harus lebih mengembangkan keaktifan, kreativitas, dan motivasi belajar untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar.(2) Guru dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sebagai alternatif metode dalam pembelajaran dandapat mengenalkan model pembelajaran Snowball Throwing kepada guru lain guna menyajikan pembelajaran dengan cara yang menarik sehingga dapat meningkatkan belajar siswa.(3)setelah menggunakan model pembelajaran Snowwball Throwing diharapkan peneliti lebih memahami arti model pembelajaran Snowwball Throwing agar tercipta hasil belajar yang baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, snowball throwing.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 08 Mar 2014 09:24
                    Last Modified: 08 Mar 2014 09:24
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2374

                    Actions (login required)

                    View Item