Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.

Priyono, Eko Hadi (2013) Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (575Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (170Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (454Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (336Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (585Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (150Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (118Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (178Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Hadi Priyono, Eko. 2013. Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr.Sri Utaminingsih, M. Pd, (ii) Henry Suryo Bintoro, S. Pd, M. Pd. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Contextual Teaching and Learning Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kaliwungu Kudus belum mencapai hasil yang diharapkan khususnya untuk materi jaring-jaring balok dan kubus masih mengalami kesulitan dimana dari 24 siswa baru 13 siswa yang mencapai tuntas belajar. Permasalahan penelitian ini adalah meningkatkan pengelolaan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa sehingga dapat mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring balok dan kubus. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan pengelolaan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa sehingga dapat mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observing), dan yang terakhir refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil prasiklus, hasil siklus satu dan hasil siklus dua. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan yaitu bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2013, subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kaliwungu KudusTahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning mampu mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV mata pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil analisa data menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran pada siklus I sebesar (78,15%), pada siklus II sebesar (94%) peningkatan keterampilan guru dari siklus I kesiklus II sebesar 15.85%. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I sebesar (75%), pada siklus II sebesar (95%) peningkatan keaktifan siswa dari siklus I kesiklus II sebesar (20%). Persentase kesulitan belajar siswa juga dapat teratasi pada siklus I sebesar (67,18%), pada siklus II sebesar (81,35%), kesulitan belajar siswa teratasi sebesar 14,17%. Rata-rata hasil belajar siswa secara individu mengalami peningkatan dari sebelum tindakan (73,5) pada siklus I sebesar (75,5) dan siklus II sebesar (86,5), peningkatan dari siklus I kesiklus II sebesar 11. Nilai rata-rata kelas dari 73,5 pada prasiklus menjadi 86,5 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 13 siswa atau (54%) pada prasiklus menjadi 24 siswa atau (100%) siswa tuntas pada siklus II. Karena indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% siswa tuntas belajar maka penelitian ini dianggap berhasil Guru disarankan agar selalu berusaha menciptakan suasana pembelajaran matematika sedemikian rupa sehingga siswa senang, siswa aktif dan kreatif dalam belajar. Salah satu yang dapat dijadikan pilihan dalam merancang pembelajaran adalah model pembelajarann Contextual Teaching and Learning

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (i) Dr.Sri Utaminingsih, M. Pd, (ii) Henry Suryo Bintoro, S. Pd, M. Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kesulitan Belajar, Contextual Teaching and Learning
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 08 Mar 2014 09:32
                    Last Modified: 08 Mar 2014 09:32
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2375

                    Actions (login required)

                    View Item