Difficulties of listening comperhension faced by the second semester students of english education department university of muria kudus academic year 2023/2024

Ahzaril Karim, Muhammad (2024) Difficulties of listening comperhension faced by the second semester students of english education department university of muria kudus academic year 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi tentang kesulitan pemahaman medengar pada siswa secara khusus berfokus pada kesulitan mereka di sesi mendengarkan. Penelitian ini terutama bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa pada sesi mendengarkan dan bagaimana cara mahasiswa mengatasi kesulitan tersebut. Partisipan penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus. Metodologi penelitian kualitatif digunakan untuk analisis data, dengan desain studi eksploratori sebagai strategi penelitian yang dipilih. Pengumpulan data meliputi kuesioner dan wawancara. Dari segi kesulitan terungkap bahwa kecepatan bicara, kosa kata (kurang dan tidak mencukupi), dan kualitas audio adalah kesulitan paling mendesak yang dihadapi siswa dalam pemahaman mendengarkan. Kecemasan juga memainkan peran penting bagi banyak siswa. Pengucapan dan aksen, meski terkadang bermasalah, bukanlah hambatan besar bagi mayoritas orang. Mengatasi masalah utama mengenai kecepatan bicara, kosa kata, dan kualitas audio melalui intervensi dan dukungan yang ditargetkan dapat meningkatkan pemahaman mendengarkan dan pengalaman belajar siswa secara signifikan. Dari segi penanganan beberapa strategi mencakup penanganan masalah pengucapan dengan latihan dan sumber daya yang tepat, mengelola kecepatan bicara melalui peningkatan bertahap dan tinjauan kosakata, serta mempersiapkan kosakata dan konteks sebelum mendengarkan. Kecemasan dikurangi melalui visualisasi dan penetapan tujuan, sementara tantangan aksen diatasi dengan penggunaan subtitle dan studi aksen. Kecemasan juga dapat dikurangi dengan meningkatkan kesadaran budaya asing dan memperkuat hubungan sosial. Kualitas audio yang buruk ditangani dengan penyesuaian pengaturan dan pencarian rekaman yang lebih baik. Pendekatan yang disesuaikan ini membantu siswa mengatasi berbagai kesulitan dalam pemahaman mendengarkan. Kesimpulannya bahwa seperti yang terlihat dari hasil kuesioner. Mayoritas siswa menganggap bahwa kualitas audio yang buruk, seperti volume rendah dan ucapan tidak jelas, sangat mempengaruhi pemahaman mendengarkan siswa. Oleh karena itu, mahasiswa semester dua di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris perlu belajar dengan keras dan berlatih lebih banyak untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan mereka. Interview mengungkapkan bahwa beberapa siswa menggunakan berbagai strategi yaitu dengan latihan yang terarah, pembelajaran persiapan, dan teknik adaptif untuk menangani masalah pengucapan, kecepatan bicara, keterbatasan kosakata, kecemasan, aksen, dan kualitas audio yang buruk. Strategi-strategi ini mencerminkan pendekatan proaktif dan berdedikasi dalam meningkatkan pemahaman mendengarkan meskipun menghadapi kesulitan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Rismiyanto. S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Titis Sulisityowati, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Mendengar, Kesulitan Pemahaman Mendengar. Menangani Kesulitan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 02:40
Last Modified: 15 May 2025 02:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23763

Actions (login required)

View Item View Item