Teachers' perceptions of the use of the tpr method in teaching vocabulary in jepang elementary schools, kudus, central java

WARDANI, MEIDA KUSUMA (2024) Teachers' perceptions of the use of the tpr method in teaching vocabulary in jepang elementary schools, kudus, central java. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing membutuhkan kerja keras, terutama bagi pelajar muda. Guru diharapkan selalu mempunyai ideide yang kreatif dan inovatif. Total Physical Response (TPR) merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan karena TPR merupakan metode pembelajaran bahasa yang dinamis, bervariasi, dan menyenangkan. Alhasil dapat menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menggali persepsi guru bahasa Inggris yang telah menggunakan metode Total Physical Response (TPR) dalam pengajaran kosakata kepada pembelajar muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek lima guru bahasa Inggris di Sekolah Dasar Jepang Kudus, Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui dua instrumen: kuesioner dan wawancara. Penelitian menunjukkan bahwa guruguru di Sekolah Dasar Jepang Kudus memiliki pandangan positif terhadap metode TPR. Mereka menemukan TPR efektif dalam mengajarkan kosakata konkret, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mengurangi kecemasan. Para guru melaporkan pemahaman dan retensi kosakata yang meningkat, serta menghargai sifat interaktif dan menyenangkan dari metode ini. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti efektivitasnya dengan kosakata abstrak dan kebutuhan akan persiapan yang cermat, TPR umumnya dianggap sebagai alat yang berharga dalam meningkatkan pengalaman belajar. Penelitian di masa depan tentang metode TPR harus fokus pada pengembangan teknik tambahan untuk mengajarkan kosakata abstrak, mendukung siswa yang tidak nyaman dengan gerakan fisik, dan menyederhanakan persiapan. Selain itu, mengevaluasi dampak jangka panjang TPR pada retensi kosakata dan menganalisis adaptabilitasnya di berbagai konteks budaya dan pendidikan dapat memberikan wawasan berharga.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Mr. Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Guru, Metode TPR, Mengajar Kosakata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 May 2025 03:31
Last Modified: 15 May 2025 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23773

Actions (login required)

View Item View Item