Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model CIRC dengan Media Gambar Fotografi pada Siswa Kelas IV SD 1 Kaliputu Kudus.

Safitri, - (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model CIRC dengan Media Gambar Fotografi pada Siswa Kelas IV SD 1 Kaliputu Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (808kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (306kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (114kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Safitri. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model CIRC dengan Media Gambar Fotografi pada Siswa Kelas IV SD 1 Kaliputu Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing (i) Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., (ii) Sumaji, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: karangan deskripsi, CIRC, media fotografi Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan puncak berbahasa seseorang. Oleh sebab itu, perhatian terhadap pembelajaran menulis perlu ditingkatkan. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, diperoleh informasi bahwa keterampilan menulis karangan deskripsi siswa belum maksimal. Data nilai semester I menyatakan bahwa nilai rata-rata 68,05 dengan nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 60. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka yang menjadi rumusan masalah yaitu adakah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD 1 Kaliputu setelah diterapkan model pembelajaran CIRC dengan media gambar fotografi? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD 1 Kaliputu setelah diterapkan model pembelajaran CIRC dengan media gambar fotografi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran CIRC dan media gambar fotografi. Variabel terikat penelitian ini yaitu keterampilan menulis karangan deskripsi. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CIRC mempunyai keuntungan yaitu menggunakan penggunaan waktu tindak lanjut menjadi lebih efektif, karena melibatkan siswa saling bekerja sama satu sama lain. Adapun keuntungan menggunakan media gambar fotografi yaitu sebagai alat bantu mengajar yang mudah didapat dan untuk menunjang penggunaan model mengajar yang dipergunakan guru. Keterlibatan siswa saling bekerja sama satu sama lain dengan menggunakan alat bantu berupa media gambar fotografi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga hasil tes keterampilan menulis karangan deskripsi meningkat secara signifikan. Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir yang sudah dikemukakan pada uraian sebelumnya, hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD 1 Kaliputu tahun ajaran 2012/2013 meningkat secara signifikan setelah diterapkan model pembelajaran CIRC dengan media gambar fotografi. Penelitian ini mengikuti penelitian tindakan kelas model Hopkins. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Bentuk instrumen penelitian ini yaitu instrumen tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yaitu nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 68,05 meningkat di siklus I menjadi 74,7. Nilai rata-rata kelas pada siklus I 74,7 meningkat di siklus II menjadi 76,55. Nilai rata-rata kelas dari prasiklus sebesar 68,05 meningkat di siklus II sebesar 76,55. Persentase ketuntasan dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 40%, persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15%, dan persentase ketuntasan dari prasiklus ke siklus II meningkat sebesar 55%. Persentase ketuntasan klasikal siklus II memperoleh kriteria sangat tinggi. Persentase keaktifan siswa meningkat sebesar 4,16% dan memperoleh kriteria sangat tinggi. Keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran CIRC dengan media gambar fotografi mencapai persentase sebesar 6,25% dan memperoleh kriteria sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran CIRC dengan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan deskripsi. Peneliti menyarankan bagi guru-guru sekolah dasar untuk memudahkan pemahaman menulis karangan deskripsi, sebaiknya digunakan media gambar dan alat bantu belajar yang lain, terutama gambar-gambar dan alat bantu pembelajaran yang secara umum sudah dikenal oleh siswa dan ciptakan situasi belajar yang menyenangkan. Untuk mengurangi beban atau tekanan mental yang terlalu berat di dalam belajar menulis, bahan ajar perlu dibuat bergradasi dari yang mudah kearah yang lebih sulit.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (i) Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., (ii) Sumaji, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: karangan deskripsi, CIRC, media fotografi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 08 Mar 2014 02:38
Last Modified: 08 Mar 2014 02:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item View Item