Umar, Muhammad (2024) The students’ perception of the use of chatgpt in english learning at smk 1 pgri kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini meneliti perspektif siswa SMK PGRI 1 Kudus dalam menggunakan model bahasa ChatGPT dari OpenAI untuk pembelajaran bahasa Inggris. Adopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) yang cepat dalam dunia pendidikan telah mengubah proses belajar mengajar. Memahami bagaimana perangkat AI seperti ChatGPT mempengaruhi pembelajaran siswa sangat penting karena kompetensi bahasa Inggris menjadi semakin penting di dunia global. Studi ini meneliti pengalaman, masalah, dan manfaat ChatGPT siswa untuk menjelaskan dampak AI pada pengajaran bahasa. Tinjauan literatur meneliti bagaimana siswa memandang dan menggunakan teknologi dalam pendidikan. Studi ini juga membahas bagaimana solusi yang didukung AI seperti ChatGPT dapat meningkatkan keterlibatan pembelajaran bahasa, retensi pengetahuan, dan kolaborasi. Tinjauan ini membahas tentang persepsi, target (ChatGPT), dan elemen konteks situasional yang mempengaruhi persepsi. Penelitian AI sebelumnya dalam bidang pendidikan, khususnya tentang ChatGPT, membantu menjelaskan bagaimana siswa memandang dan menggunakan teknologi ini dalam pembelajaran mereka. Penelitian studi kasus kualitatif ini mengumpulkan data dari 32 siswa SMK PGRI 1 Kudus. Survei dan wawancara mendalam digunakan untuk mengumpulkan data dan mengevaluasinya dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan ChatGPT karena kemampuannya dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, memberikan bantuan yang cepat dan akurat, dan memungkinkan pembelajaran interaktif. Namun, laporan tersebut juga mencatat adanya miskomunikasi dan perlunya mengevaluasi secara kritis konten yang dihasilkan oleh AI. Studi ini menunjukkan bahwa siswa SMK PGRI 1 Kudus menghargai ChatGPT untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris. ChatGPT meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dan melengkapi teknik pembelajaran tradisional, menurut penelitian tersebut. Penelitian ini menekankan perlunya siswa dibimbing untuk mengatasi masalah alat AI termasuk kesalahpahaman dan ketergantungan yang berlebihan. Penelitian ini menambah perdebatan tentang AI dalam pendidikan dengan memberikan saran praktis bagi para pendidik dan peneliti untuk mengoptimalkan AI dalam konteks pembelajaran bahasa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Diah Kurniati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Rusiana, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi siswa, Kecerdasan buatan, ChatGPT |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 May 2025 01:42 |
Last Modified: | 16 May 2025 01:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
