Mengatasi kebiasaan buruk bermain game online melalui pendekatan gestalt pada siswa madrasah aliyah negeri 1 kudus

Fadilla Sari, Yosi (2024) Mengatasi kebiasaan buruk bermain game online melalui pendekatan gestalt pada siswa madrasah aliyah negeri 1 kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Bermain game Online membuat seseorang merasa senang karena mendapat kepuasan psikologi. Sebagian besar game dirancang sedemikian rupa agar membuat pemain game penasaran dan mengejar nilai tinggi, sehingga sering lupa bahkan untuk sekedar berhenti sejenak. Adapun rumusan, Penelitian ini merumuskan: (1) Apa saja faktor faktor kebiasaan bermain game Online (2) Bagaimana pelaksanaan pendekatan gestalt. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan faktor-faktor kebiasaan bermain game Online (2) mendeskripsikan pendekatan gestalt dalam mengatasi kebiasaan bermain game Online Bermain game Online adalah sebagai bagian darı aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas maya Pendekatan gestalt adalah melalui kesadaran ini mereka mendapatkan pemahaman diri dan pengetahuan bahwa mereka bisa mengubah diri. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik analisis data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Studi kasus merupakan penelitian tentang suatu kasus yang setiap prosesnya dilakukan secara rincı, tajam, dan mendalam Adapun hasil penelitian menunjukan hasıl bahwa 2 siswa yang mengalami kecanduan game Online Dan setelah diberikan layanan konseling dengan menggunakan pendekatan gestalt siswa mengalami perubahan dapat meminimalisır penggunaan game Online Peisliti menggunakan 5 langkah dari pendekatan yaitu assessment, experience, believe, consequence dan simpulan atas tindakan yang dilakukannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseli dapat mengarahkan perilakunya dengan mengeksplorasi rasa tidak aman akan kecanduan game Online. Sehingga dengan layanan tersebut siswa dapat meminimalisır kecanduan game Online Saran penelitian selanjutnya bahwa pendekatan dapat digunakan sebagai layanan untuk mengatasi kecanduan game Online pada siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr Gudnanto, S.Pd., M.Pd., Kons Dosen Pembimbing: 2. Dr. Indah Lestari, S.Pd. M.Pd., Kons
Kata Kunci: kebiasaan Buruk Bermain Game Online, Pendekatan Gestalt
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2025 02:19
Last Modified: 16 May 2025 02:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23804

Actions (login required)

View Item View Item