MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA KEGEMARAN PADA SISWA KELAS III SD 06 BULUNGCANGKRING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Khusna, Nailal (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA KEGEMARAN PADA SISWA KELAS III SD 06 BULUNGCANGKRING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (17MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (575kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (145kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (49MB) | Request a copy

Abstrak

Khusna, Nailal. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Kegemaran Pada Siswa Kelas III SD 06 Buluingcangkring dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, (II) Henry Suryo Bintoro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi hasil belajar matematika siswa yang rendah. Indikasi tersebut terdapat pada siswa kelas III 06 Bulungcangkring yang sekaligus sebagai subjek penelitian. Hal ini ditandai dengan pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak berorientasi pada kenyataan. Suasana belajar matematika yang cenderung menurun menyebabkan siswa sulit mempelajari matematika, dan akhirnya banyak siswa yang kurang tertarik dan hasil belajar matematika rendah. Anak-anak SD berada pada tahap operasional konkret. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik PBL yaitu pembelajaran harus dimulai dari masalah nyata. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menemukan “seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III semester 2 SD 06 Bulungcangkring materi keliling persegi dan persegi panjang dengan model pembelajaran PBL”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Ke empat metode yang digunakan tersebut digunakan sebagai alat untuk mengukur hasil belajar siswa dan aktivitas guru pada saat mengajar. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa baik individu maupun kelompok, serta kinerja guru. Hal ini ditunjjukkan oleh hasil penelitian dari kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 26,32% dengan rata-rata 57,2 meningkat pada siklus I menjadi 52,63% dengan rata-rata 62,7 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,21% dengan rata-rata 73,74. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat 75,5% dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi “sangat baik”. Pengamatan guru pada siklus I mendapat 83,16% dengan kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 92,11% dengan kualifikasi sangat baik. Saran dalam penelitian ini diharapkan dalam penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran PBL maupun model pembelajaran yang lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Susilo Rahardjo,M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:10
Last Modified: 27 Mar 2014 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item View Item