Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Setrategi TANDUR Pada Siswa Kelas IV SD 2 Ploso Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.

Setiyanto , Nur Arifin (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Setrategi TANDUR Pada Siswa Kelas IV SD 2 Ploso Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (954kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (445kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (228kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Download (7MB) | Tinjau ulang

Abstrak

Setiyanto, Nur Arifin. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Setrategi TANDUR Pada Siswa Kelas IV SD 2 Ploso Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing I Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing II Sumaji, S.Pd. M.Pd. Kata kunci: Setrategi TANDUR, Keterampilan Menulis Cerita. Pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Keterampilan menulis cerita merupakan kegiatan menulis yang diperoleh dari kegiatan membaca suatu cerita selanjutnya mengungkapkan pikiran perasaan terhadap isi cerita yang telah dibaca. Berdasarkan hasil refleksi awal, dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita di SD N 2 Ploso Kudus masih terdapat beberapa siswa yang kurang dalam keterampilan menulis cerita dapat dibuktikan hanya 48% siswa yang mebcapai KKM (nilai≥70). Hal ini dikarenakan minat membaca siswa sangat rendah serta cara mengajar guru yang hanya ceramah saja tanpa melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Apakah penerapan setrategi TANDUR dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SD 2 Ploso Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis cerita melalui setrategi TANDUR pada siswa kelas IV SD 2 Ploso . Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan setrategi TANDUR yang merupakan kerangka perancangan dari Quantum Teaching yang merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, da Rayakan. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, refleksi. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Ploso Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, kajian dokumen dan tes. Instrumen penelitian meliputi, Tes dan Observasi Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1). Menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar bahasa Indonesia materi keterampilan menulis cerita menggunakan setrategi TANDUR yang cukup signifikan antara sebelum PTK (48%), siklus I (62%), dan siklus II (80,17%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pelajaran bahasa Indonesia dari skor rata-rata siklus I 17,48(cukup) menjadi 22,47 (sangat baik) di siklus II. (2). Pengelolaan pembelajaran TANDUR juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 18,8 (cukup baik) menjadi 22 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui setrategi TANDUR dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V SDN 2 Ploso. Untuk itu diharapkan guru dapat menggunakan setrategi TANDUR untuk dijadikan salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing II Sumaji, S.Pd. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Setrategi TANDUR, Keterampilan Menulis Cerita.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 08 Mar 2014 03:05
Last Modified: 08 Mar 2014 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2382

Actions (login required)

View Item View Item