UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS IV SD 4 DERSALAM TAHUN 2012/ 2013

Susanti, Riska (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS IV SD 4 DERSALAM TAHUN 2012/ 2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (695kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (375kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (689kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (470kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (233kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Susanti, Riska. Penelitian Tindakan Kelas. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD Pada Siswa Kelas IV SD 4 Dersalam Tahun 2012/ 2013. Sarjana Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus. Pembimbing I : Dr. Sukiman, M.Pd,. Pembimbing II : Ika Oktaviyanti, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif STAD. Pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD 4 Dersalam masih dibawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65 karena pembelajaran yang dilaksanakan guru masih tradisional, pembelajaran masih berpusat pada guru, IPS merupakan mata pelajaran yang membosankan berupa hafalan yang tidak menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran koopertif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS keas IV SD 4 Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas IV SD 4 Dersalam Tahun 2012/ 2013. STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen. STAD terdiri atas lima komponen: 1) presentasi kelas, 2) tim, 3) kuis, 4) skor kemajuan individual, 5) rekognisi tim. PTK ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas IV pada SD 4 Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun 2012/ 2013, dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Pelaksanaan Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus tiap siklus terdiri 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) observasi, 2) wawancara, 3) tekniktes, dan 4) dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu: 1) analisis data kuantitaif dan, 2) analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) meningkat, terbukti dalam penelitian ini meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Siklus I rata-rata ketrampilan guru 82,085% dengan kualifikasi baik, siklus II 88,75% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa siklus I memperoleh 58,98% dengan kualifikasi cukup, siklus II 75,5% dengan kualifikasi baik. Hasil secara keseluruhan ketrampilan guru dan aktivitas siswa sudah baik. Hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 76, 82 dengan ketuntasan klasikal 72,73%, siklus II memperoleh rata-rata 82,23 dengan ketuntasan klasikal 81,8 %. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah Pembelajaran dengan model STAD perlu dilaksanakan dalam pembelajaran IPS di kelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Dr.Sukiman,M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:10
Last Modified: 27 Mar 2014 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item