Safara, Dhea Aurelia (2024) Analisis pendidikan karakter tanggung jawab berdasarkan role tank player pada game mobile legends. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Perkembangan teknologi melahirkan game modern seperti Mobile Legends yang memengaruhi pendidikan karakter tanggung jawab siswa sekolah dasar, khususnya pada role tank. Penelitian dilakukan di SDN Trenggulunan, Rembang, dan menemukan perubahan perilaku siswa pemain Mobile Legends. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan karakter bertanggung jawab pada role tank para pemain Game Mobile Legends dan kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk perilaku positif, seperti tanggung jawab dan kerja sama. Game seperti Mobile Legends efektif dalam mengajarkan nilai-nilai ini, karena interaksi dalam game membantu mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Siswa belajar tentang konsekuensi tindakan dan pentingnya peran tim, yang mendukung pembentukan karakter yang bertanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada siswa usia sekolah dasar di SDN Trenggulunan dengan subjek penelitian 5 siswa usia sekolah dasar, orang tua, dan masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tanggung jawab siswa berkembang melalui sikap yang diajarkan oleh guru, seperti penugasan kerja kelompok, penetapan batas waktu, dan pengakuan kesalahan. Penerapan nilai tanggung jawab terlihat di sekolah, rumah, dan masyarakat, serta dalam pengendalian emosi. Namun, guru menghadapi kendala dalam pendidikan karakter tanggung jawab siswa, seperti perbedaan persepsi, pengaruh lingkungan bermain game, dan keterbatasan waktu. Maka, dapat disimpulkan bahwa dari seluruh siswa yang diteliti, terdapat 3 siswa yang mampu dengan baik menjelaskan dan menerapkan karakter tanggung jawab di lingkungan sekolah, rumah, serta masyarakat. Sementara itu, 2 siswa lainnya mampu menjelaskan secara teoritis mengenai karakter tanggung jawab, namun belum dapat menerapkannya secara optimal di sekolah dan dalam beberapa aktivitas di rumah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. Dosen Pembimbing: 2. Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab, Game Online, Mobile Legends |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:11 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
