PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS IV SD 3 MEJOBO KUDUS

Wulandari, Siska (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS IV SD 3 MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (435kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (50kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (32kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (39kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (24MB) | Request a copy

Abstrak

Wulandari, Siska. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas IV SD 3 Mejobo Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing I: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd.; pembimbing II: Aisyah Nur SN, S.PD, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar IPS, Contextual Teaching and Learning Hasil observasi terhadap pembelajaran IPS siswa kelas IV di SD 3 Mejobo Kudus menunjukkan rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap mata pelajaran IPS, karena guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu penerapan dan peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPS di SD 3 Mejobo Kudus. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi model pembelajaran CTL dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS. Model pembelajaran CTL merupakan pembelajaran yang membantu siswa mengaitkan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi memanfaatkan sumber daya alam dan potensi daerah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang mencakupi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD 3 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif . Berdasarkan tes hasil belajar, terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa SD 3 Mejobo Kudus dalam setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I mencapai 67,86, dan pada siklus II yaitu 78,4. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I yaitu 68,18%, siklus II yaitu 100%. Peningkatan hasil belajar IPS dikuti juga dengan keterampilan guru dan aktivitas siswa yang meningkat. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh persentase rata-rata 61,25%, dan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata 81,25% termasuk dalam kualifikasi baik. Adapun, aktivitas siswa secara individu pada siklus I diperoleh persentase rata-rata 61,6%, dan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata 78,7% termasuk dalam kualifikasi baik. Mengenai, aktivitas siswa secara kelompok pada siklus I diperoleh persentase 61,4%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,2% termasuk dalam kualifikasi baik. Simpulan hasil penelitian ini yaitu hasil belajar IPS meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD 3 Mejobo Kudus. Berpijak pada hasil penelitian, peneliti menyarankan (1) guru perlu menggunakan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPS pada kelas IV SD; dan (2) guru harus sungguh-sungguh membimbing siswanya dalam pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:09
Last Modified: 27 Mar 2014 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item