Penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media puzzle untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas v pada mata pelajaran ipas

FILIYANDA, YUNIA (2024) Penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media puzzle untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas v pada mata pelajaran ipas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Latar belakang penelitian ini bahawa di SD N 1 Megawon terdapat siswa kesulitan menangkap materi dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang kurang variative. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Mind Mapping berbantuan media Puzzle dalam muatan IPAS pada kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Megawon dan mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa pada muatan Pelajaran IPAS dengan menggunakan model Mind Mapping berbantuan media Puzzle. Model Mind Mapping adalah cara mencatat yang menarik, efesien, efektif, kreatif, berdaya guna serta bertujuan mengembangkan pemikiran dan ide. Media puzzle meruapakan media pembelajaran yang memiliki nilai pendidikan yang baik untuk siswa, karena dalam media puzzle siswa dilatih untuk mengasah daya pikirnya. Pendekatan penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitia Pre-Eksperimental dengan bentuk penelitian One-Group PretestPosttest Design. Subjek pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD 1 Megawon yang berjumlah 17 siswa dengan menggunakan jenis sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji t-test dan uji N-gain. Hasil penelitian pada hipotesis 1 ini menunjukkan bahwa hasil uji Paired Sample T-Test pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < a (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Puzzle terhadap pemahaman konsep kelas V SD 1 Megawon. Pada uji hipotesis 2 menunujukkan hasil bahwa uji N-gain terdapat selisih nilai pretetst dan posttest diperoleh 0,54 yang terletak antara 0,30 sampai 0,70 dengan kriteria peningkatan sedang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat efektivitas penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Puzzle untuk meningkatkan pemahaman konsep dan peningkatan pemahaman konsep terhadap penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media puzzle pada siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Model Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Media Puzzle.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 02:51
Last Modified: 19 May 2025 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item