Pengembangan media pembelajaran “mitani” pada muatan pelajaran ipas kelas v sekolah dasar

Fahrudy, Ahmad (2024) Pengembangan media pembelajaran “mitani” pada muatan pelajaran ipas kelas v sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran MITANI pada muatan pelajaran IPAS siswa kelas V Sekolah Dasar, mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran MITANI pada muatan pelajaran IPAS siswa kelas V Sekolah Dasar, menguji dan membuktikan kelayakan media pembelajaran MITANI pada muatan pelajaran IPAS siswa kelas V Sekolah Dasar, mengukur efektifitas media pembelajaran MITANI pada muatan pelajaran IPAS terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (rearch&development) dengan menggunakan langkah-langkah penelitian oleh Sugiyono (2016:298) yang terdiri dari sepuluh langkah, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) tahap validasi produk, (9) evaluasi dan revisi akhir, (10) tahap desiminasi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, uji validasi dan angket. Analisis data menggunakan uji validasi ahli, angket respon guru dan siswa. Analisis efektifitas media pembelajaran diperoleh dari melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji N_Gain dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran “MITANI” Pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar yaitu (1) media MITANI dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan dinyatakan layak oleh ahli materi dengan presentase penilaian kelayakan media yaitu 88% termasuk kriteria layak, penilaian kelayakan materi yaitu 94% termasuk kriteria sangat layak (2) Hasil uji-t diperoleh hasil signifikansi sebesar <0,001, maka media MITANI efektif digunakan dalam muatan IPS dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,763 yang dikategorikan tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Khamdun, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, MITANI, IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 03:47
Last Modified: 19 May 2025 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item View Item